AMBON, Siwalimanews – Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, maka PT PLN Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara menggelar webinar peduli pelanggan terdampak Covid-19 bertajuk Senyum Wow Pelanggan Indonesia.

“Hari ini merupakan hari yang tepat bagi PLN sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan 77 juta pelanggan dan untuk menunjukan rasa kepedulian dan apresiasi kami kepada pelanggan, hari ini seluruh insan PLN di seluruh pelosok Indonesia secara masif dan serentak di seluruh unit kami melaksanakan webinar peduli pelanggan yang terdampak COVID-19,” ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda dalam webinar tersebut, Jumat (4/9).

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk mendengarkan masukan dari para pelanggan kepada PLN yang nantinya dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya  menciptakan Senyum WOW Pelanggan Indonesia.

Munculnya pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 ini, tentunya berpengaruh terhadap bisnis dari para pelaku usaha yang juga merupakan pelanggan PLN. Dengan banyaknya permohonan yang disampaikan oleh pelanggan terkait kesulitan yang tengah mereka hadapi termasuk masalah pembayaran tagihan rekening listrik yang cukup membebani usaha di tengah pandemi COVID-19 ini.

“Atas keluhan ini, pemerintah bersama PLN mengeluarkan beberapa kebijakan yang dikenal dengan Stimulus Covid-19 yang kami harapkan dapat meringankan beban seluruh pelanggan kami, ” ucapnya.

Baca Juga: Ini Tiga Tuntutan Aktivis RAB Saat Demo di DPRD Maluku

Sementara itu, General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra menambahkan, program-program stimulus Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah bersama PLN saat ini antara lain, stimulus pembebasan dan diskon 50% tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 dan 900 VA bersubsidi, stimulus diskon listrik 100% bagi pelanggan bisnis dan industri Daya 450 VA, stimulus pembebasan ketentuan rekening minimum bagi pelanggan bisnis, sosial dan industri.

Disisi lain, PLN juga tengah mengeluarkan program tambah daya super wow dan juga program super merdeka UMKM/IKM untuk keringanan biaya penyambungan tambah daya yang diharapkan dapat meringankan beban pelanggan dalam mencukupi kebutuhan aktivitasnya.

General Manager Hotel Santika Premiere Ambon, Nugroho Widiharso yang juga masuk dalam salah satu peserta webinar memberikan apresiasi atas pelayanan yang telah diberikan oleh PLN selama ini.

“Selama ini kami tidak ada masalah sama sekali. Dari seluruh BUMN, saya acungi jempol untuk PLN. hubungan PLN dengan pelanggan menurut saya hingga saat ini sangat baik,” ujarnya.

Untuk diketahui Pada kegiatan ini, seluruh peserta berkesempatan untuk menyampaikan saran, masukan ataupun keluhan terkait dengan pelayanan yang selama ini diberikan oleh PLN.

Kegiatan ini, menghadirkan narasumber masing-masing General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Dinas ESDM Fauzan Chotib dan Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat.(Mg-5)