AMBON, Siwalimanews – PLN berhasil menerangi Desa Tayando Yamtel yang merupakan bagian dari sebuah pulau berjarak 53 km laut dari Kota Tual, Provinsi Maluku.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menjelaskan, guna melistriki Desa Tayando Yamtel, PLN menyediakan 3 unit mesin generator dengan total kapasitas 600 kw dengan menyerap investasi mencapai Rp 5,8 miliar dan 25 pelanggan telah menikmati listrik dari total potensi 482 pelanggan yang berada di desa tersebut.

“Kami juga membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 1,71 kms, jaringan tegangan rendah sepanjang 4,39 kms dan 3 gardu distribusi dengan total kapasitas 150 kVA,” ungkap Adams dalam rilis yang diterima Redaksi Siwalimanews, Sabtu (21/8)

Pihaknya juga mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan serta peran serta para pemangku kepentingan. Terlebih masyarakat di Kecamatan Tayando Tam dan Kota Tual, khususnya warga Desa Tayando Yamtel yang mendukung penuh PLN dalam menghadirkan listrik di desa tersebut.

“Apresiasi juga kami sampaikan kepada masyarakat Desa Tayando Yamtel yang telah secara kooperatif bersama kami sejak awal, untuk membersihkan jalur yang akan dibangun jaringan listrik,” tambah Adams.

Baca Juga: Pukat Seram Nilai Kejari Malteng Masuk Angin

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tual Adam Rahayaan mengapresiasi peran PLN. Pihaknya pun menyampaikan akses listrik yang sama untuk desa lain di wilayah sekitar, akan terus diupayakan bersama PLN.

”Kita upayakan untuk 4 desa yang lain ikut menikmati listrik dari PLN itu sendiri,” ujarnya dalam peresmian listrik desa tersebut.

Pejabat Desa Tayando Yamtel, Ahmad Yani Sedubun pun menyambut baik atas upaya PLN yang telah berhasil melistriki desanya tersebut.

“Karena ini akan berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat di sini,” ucapnya. (S-51)