AMBON, Siwalimanews – Panitia Hari-Hari Besar Gerejawi Sinode Gereja Protestan Maluku melakukan aksi sosial dalam bentuk pembagian masker kepada 13 klasis di lingkup pelayanan GPM.

“Ada 13 klasis yang akan dibagikan masker,” jelas Ketua Panitia Hari-hari Besar Gerejawi Sinode GPM, Melkias Sairdekut kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (19/5).

Dikatakan, panitia setelah berko­ordinasi dengan Majelis Pekerja Harian Sinode GPM telah diputuskan, untuk distribusi masker kepada klasis-klasis yang benar-benar terkena dampak pandemik virus corona di Maluku, secara khusus Kota Ambon.

Menurutnya, masing-masing klasis diberikan masker sebanyak 500 buah untuk melindungi diri,  dan dihari kemarin ada beberapa klasis yang telah menda­patkan kebagian diantaranya, Klasis Kota Ambon, Klasis Pulau Ambon, Klasis Pulau Lease serta Klasis Kairatu. “Kebetulan ada utusan dari Klasis Kairatu yang semen­tara berada di Ambon,” tuturnya.

Lanjut Melkias, proses pendistribusian masker oleh PHBG Sinode masih terus dilakukan, dan untuk hari ini direncanakan proses pendistribusian akan dilakukan di Klasis Ambon Utara dan Klasis Ambon Timur serta, dibeberapa klasis lainnya yang memang harus dikirim dengan menggunakan transportasi baik udara maupun laut.

Selain pembagian masker, panitia juga telah merencanakan untuk tahap dua nantinya akan ada aksi pembagian sembako untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari adanya pandemi covid-19.

Ia mengakui, kebutuhan untuk masyarakat sangat banyak hanya saja dalam segala keterbatasan. PHBG Sinode GPM tetap bertekad untuk sedikit atau banyak akan membantu dalam segala kekurangan yang dimiliki panitia. (Mg-4)