AMBON, Siwalimanews – Peserta mengikuti festival makan durian yang digelar oleh Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan, capai ratusan orang, Sabtu (2/7).

Event serupa ini pernah digelar di tahun 2018 lalu yang dilaksanakan oleh Negeri Hutumuri dengan menghadirkan juga ratusan peserta.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena yang membuka event tersebut kepada pemerinta negeri naku yang menggelar kegiatan tersebut.

“Buah durian adalah anugrah yang Tuhan berikan bagi negeri-negeri adat di Leitimur Selatan. Leitimur Selatan justru memiliki potensi pariwisata, tidak hanya pantai, tetapi juga dari buah-buahan. Salah satunya buah durian,” kata walikota.

Lewat festival ini kata walikota merupakan bentuk promosi untuk pengembangan pariwisata di Kota Ambon yang dapat menarik para wisatawan.

Baca Juga: Pemkot Perlu Pertimbangkan Bangun Jalan Alternatif

“Durian gunung, dikenal lebih enak dan selalu menjadi rekomendasi kuliner bagi wisatawan,” ujar walikota.

Untuk itu orang nomor satu di balai kota meminta agar anugerah berlimpah berupa buah durian harus disyukuri dan dijaga kekayaan alamnya, agar dapat dinikmati bukan saja saat ini, tetapi oleh anak cucu di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pekerja Klasis GPM Pulau Ambon Timur, Pdt. O Ririmasse, selaku Ketua penyelenggara Festival Makan Durian mengaku makan durian sepuasnya, bukan hanya sekedar budaya atau mencari dana, tetapi sebagai wujud komitmen masyarakat, melihat bumi sebagai sakramentum Allah.

“Artinya, bumi yang kita jaga, akan selalu menghasilkan berkat bagi kita,” tuturnya. (S-25)