AMBON, Siwalimanews – Pesawat Lion Air JT 881 dari Langgur tujuan Ambon sempat gagal mendarat di Bandara Internasional Pattimura, Senin (24/10) sekitar pukul 12.30 WIT.

Pesawat yang membawa puluhan penumpang tersebut lepas landas dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Pukul 11.30 WIT dan tiba di Bandara Internasional Pattimura sesuai jadwal pukul 12.30 WIT.

Berdasarkan data Flightradar24, sekitar pukul 12.29 WIT, pesawat telah mengambil ancang-ancang untuk mendarat. Namun setelah mendekati runway, dimana pesawatnya sudah berada pada ketinggian 420 kaki dan bersiap mendarat.

Pilot kemudian memutuskan untuk menaikan moncong pesawat pada ketinggian 4.175 kaki dan berputar diatas Kota Ambon untuk mencari celah kembali mendarat.

Setelah berputar-putar, skitar pukul 12.49 WIT pilot berhasil mendaratkan pesawat tersbeut diatas runway dengan selamat.

Baca Juga: 4 Hari Hilang, Fairus Rabani Ditemukan tak Bernyawa

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Pattimura Aditya Narandra yang dikonfirmasi Siwalimanews membenarkan hal tersebut.

Ia mengaku, kalau pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 881  rute Langgur-Ambon sempat gagal mendarat.

“Sekarang sudah mendarat di Bandara Internasional Pattimura tadi siang pukul pukul 12.49 WIT,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pesawat ini ketika hendak mendarat cuaca memang cerah, namun angin bertiup sangat kencang, sehingga demi keselamatan penerbangan, pilot terpaksa harus kembali mengudara, padahal telah mendekati runway.

“Itu karena angin, seharusnya pesawat mendarat di runway 04, di saat itu kecepatan angin 12 knot, setelah kita konfirmasi dengan AirNav Pattimura,” bebernya.

Hal yang sama juga kata Aditya, terjadi pada pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1531 rute Dobo-Langgur-Ambon yang juga sempat berputar karena angin kencang, telah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional  Pattimura.

“Untuk Wings Air Wings juga telah mendarat dengan selamat tepat pukul 13.00 WIT dengan selamat,”ujar Aditya.(S-09)