AMBON, Siwalimanews – Personel Satuan Brimob Polda Maluku saat ini telah siap siaga untuk menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Maluku dan Kota Ambon pada khususnya.

Kesiapan para personel itu terlihat saat apel gelar pasukan siaga bencana alam atau search and rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Maluku

Apel gelar pasukan dan peralatan yang melibatkan seluruh personel Brimob Polda Maluku di Kota Ambon, Masohi, dan Tual ini untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri terkait apel kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri, sebagai salah satu bentuk kesiapan Brimob menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas.

Wakil Komandan Detasemen Gegana Denny Sandera yang memimpin apel di lapangan Tahapary Tantui, Rabu (10/2) dalam arahanya mengatakan, apel pengecekan personel, kendaraan serta peralatan ini, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel guna menghadapi situasi kontijensi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Maluku.

“Apel ini bertujuan untuk tingkatkan kesiapsiagaan kita, sehingga ketika dalam keadaan daruratpun, kita siap bergerak dengan peralatan dan kendaraan dinas yang kita miliki,” ucap Wadanden.

Baca Juga: Gempa 5,4 SR Guncang Kepulauan Tanimbar

Menurutnya, kegiatan ini selain bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan dan peralatan juga untuk menyampaikan informasi dari pimpinan kepada anggota.

“Apel ini bukan hanya di wilayah Kota  Ambon saja, tetapi di luar wilayah Ambon juga gelar apel yang sama dengan tujuan mengantisipasi situasi kontijensi bencana alam yang terjadi di beberapa daerah yang saat ini kita semua ketahui,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam apel tersebut, diperlihatkan juga peralatan SAR dan kendaraan, seperti mobil tata, pelampung, perahu karet, tali caramantel dan sejenisnya, sekaligus pengecekan alat SAR dan kendaraan khusus SAR yang dimiliki oleh Satuan Brimob Polda Maluku. (S-45)