AMBON, Siwalimanews – Untuk memperjuangkan vaksin covid-19 yang dibutuhkan Kota Ambon untuk penanganan pandemi ini, maka Komisi I DPRD Kota di awal tahun 2021 nanti, akan bertemu dengan pihak Kementrian Kesehatan.

“Vaksin Covid-19 dikabarkan telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) dalam jumlah yang ckup banyak. Vaksin Sinovac asal China ini nantinya akan dibagikan ke sejumlah daerah yang ada di Indonesia termasuk Kota Ambon,” tandas Ketua Komisi I Zeth Pormes kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat BelakangSoya,  Senin(7/12).

Ia mengaku, vaksin covid-19 masih harus melewati beberapa tahapan di BPOM maupun MUI.

“Jumlah vaksin harus diminta sesuai kebutuhan, ini yang harus diperjuangkan lagi di Kemenkes,” ucapnya

Menurutnya, Komisi I harus memperjuangkan hal ini di pusat. Pasalnya, jika harus menunggu tanpa kejelasan pasti, maka vaksin yang diberikan bakal tidak sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Baca Juga: Begini Cara Jadi Relawan Uji Vaksin Corona Sinovac

“Untuk dana gempa saja kita perjuangan sampai ke pusat, oleh sebab itu menyangkut vaksin juga kita akan datang ke sana supaya bisa peroleh sesuai dengan jumlah kebutuhan di Ambon,” tuturnya.

Ia berharap, Pemkot Ambon melalui Dinas Kesehatan juga untuk mensosialisasikan lebih awal kepada msayarakat tentang manfaat dari vaksin covid-19 tersebut.

“Ini disosialisasi supaya ketika vaksin itu tiba dan diberikan, masyarakat dapat memahami penggunaannya seperti apa,” tutupnya.(Cr-5)