AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, dengan menyerahkan santunan bagi ahli waris dari para petugas sapu jalan yang meninggal saat menjalankan tugasnya membersihkan kota ini.

Selain itu santunan juga diberikan kepada, tukang ojek, sopir angkot, serta memberikan penghargaan bagi para pencinta lingkungan, pegiat lingkungan yang telah membantu menangani sampah di Kota Ambon.

Peringatan HPSN yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka, Jumat (24/2) diikuti oleh seluruh ASN di Lingkup Pemkot Ambon, para kepala sekolah dan perwakilan siswa serta pihak BPJS Ketenagakerjaan.

“Ada beberapa kegiatan yang kota lakukan salah satunya memberi santunan sebesar Rp40 juta kepada tiga ahli waris petugas sampah yang meninggal dunia saat bertugas. Tentu ini hasil kerja sama dari kami pemkot bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan dananya itu bersumber dari APBD,” ungkap Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena disela-sela kegiatan tersebut.

Walikota mengaku, momen ini merupakan bentuk sebenarnya dari peringatan HPSN, yang mana dalam penanganan sampah di kota ini,  bukan saja tugas pemerintah, tetapi bersama-sama masyarakat, stakholder lainnya yang peduli sampah.

Baca Juga: Maraju: Ada Skandal Seleksi P3K Kesehatan di Buru

Untuk diketahui, selain memberikan santunan, pemkot juga mendapatkan bantuan 3 unit sepeda motor roda tiga, sebagai armada pengangkut sampah dari Bank Modern Ekspres. Bantuan armada sampah itu diserahkan langsung oleh Kepala BPR Modern Ekspres Cabang Ambon dan diterima oleh walikota. (S-25)