AMBON, Siwalimanews – Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75 tahun ini, PT PLN (Persero) merayakannya dengan menggelar doa bersama sebagai bentuk rasa syukur dan implementasi tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Perayaan HLN tahun ini juga, PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) menyalurkan santunan kepada 75 ribu anak yatim dan dhuafa dari 623 yayasan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Penyerahan santunan ini juga dilakukan secara daring oleh Direksi dan Komisaris PLN kepada perwakilan beberapa yayasan anak yatim dan kaum dhuafa yang dilakukan pada 25 dan 26 Oktober.

Selain oleh Direksi dan Komisaris PLN, penyerahan bantuan juga dilakukan oleh General Manager Unit Induk PLN di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (27/10) mengatakan, santunan yang diberikan ini sebagai bentuk rasa syukur PLN atas dukungan masyarakat dan bentuk kehadiran PLN untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Bantu UMKM, PLN Perpanjang Program Super Merdeka

“HLN ini jadi momen yang sangat baik untuk PLN berdoa dan berbagi dengan sesama. Saya harap adik-adik yatim dan dhuafa dapat memberikan doa bagi PLN, agar PLN semakin kuat dalam menghadirkan listrik bagi masyarakat Indonesia,” pinta Zulkifli.

Adapun total bantuan yang diberikan yaitu sebesar Rp 15 miliar. Selain menggunakan dana CSR melalui program PLN Peduli, bantuan ini juga merupakan hasil pengumpulan zakat, infaq maupun sedekah pegawai PLN yang dikelola oleh YBM PLN.

“Hadir di tengah saudara-saudara sekalian dalam kesempatan seperti ini tentu menjadi sebuah kebahagiaan bagi kami dan saudara-saudara sekalian, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan kebahagiaan yang mana kebahagiaan tersebut akan menjadi kekuatan bagi kami untuk terus menerangi negeri kita tercinta, Indonesia,” tutur Zulkifli.

Khusus di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, PLN menyalurkan bantuan kepada 1.200 anak yatim yang tersebar di 16 lokasi. 10 lokasi terletak di Provinsi Maluku, yakni Yayasan Hidatyatullah Maluku Tengah, Yayasan Hidayatullah Tual, Yayasan Al-Ikhlas Tual, Yayasan Darunnaim Ambon, Yayasan Darul Quran Al-Anwariyah Ambon, Yayasan Zuffa Hizbullah Ambon, Yayasan Mutiara Bangsa Ambon, Yayasan Nurul-Hidayah Ambon serta  Yayasan Nurul Ikhlas Ambon.

“Sedangkan di Provinsi Maluku Utara, 6 lokasi tersebut antara lain Panti Asuhan Nurul Fajri, Panti Asuhan Fazri Tabahaw, Panti Asuhan Aliatama, Panti Asuhan Nurani Qolbu, Pantia Asuhan Attaqwa dan Panti Asuhan Tahfiz Alquran Almuslih.

Santunan ini secara simbolis diserahkan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Romantika Dwi Juni Putera kepada Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah di Desa Liang – Kbaupaten Malteng pada Minggu (25/10).

“Terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian dari PLN melalui YBM PLN kepada kami. Harapan kami PLN akan semakin baik dan semakin sukses dalam memberi pelayanan kepada masyarakat Indonesia,” ucap Muhammad Fatih, santri di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah. (Mg-5).