AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-75, maka PLN bersama masyarakat ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar virtual charity run and ride.

Virtual charity run and ride yang digelar 16-28 Oktober ini merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan dimana saja kapan saja dan dapat “dicicil” jarak lari serta bersepedanya untuk tujuan beramal.

“Dengan mengangkat tema “Energimu Cahaya Bagiku”, peserta akan diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya akan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu” jelas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat(16/10).

Sebagai BUMN yang diberikan mandat oleh pemerintah untuk menyediakan listrik. PLN terus berupaya melistriki hingga ke seluruh pelosok negeri. Data rasio elektrifikasi secara nasional, dalam lima tahun terkahir meningkat cukup signifikan.

Dimana pada tahun 2015, rasio elektrifikasi baru sekitar 88 persen, sementara pada bulan Juni 2020 lalu sudah mencapai 99 persen. Selain kondisi geografis daerah terpencil, salah satu tantangannya untuk mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen adalah keterbatasan masyarakat kurang mampu untuk melakukan penyambungan listrik.

Baca Juga: Bantu UMKM, PLN Perpanjang Program Super Merdeka

“Masyarakat yang tidak mampu inilah yang akan kita bantu. PLN bersama MKI menggagas acara ini, mengajak masyarakat ikut serta, berbagi energi untuk menerangi nusantara. Tidak dengan uang, masyarakat cukup berolahraga melalui lari atau bersepeda,” ujar Agung.

Masyarakat yang ingin ikut serta dalam kegiatan ini dapat melakukan pendaftaran melalui http://plncharity.gofit.id/ mulai 15 Oktober 2020 dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Sementara itu, Ketua Umum MKI, Wiluyo Kusdwiharto menambahkan, melalui kegiatan ini PLN dan MKI juga ingin semangat HLN tidak hanya dirasakan oleh insan yang ada di dunia kelistrikan, tetapi juga menjadi milik seluruh masyarakat Indonesia.

“Sekarang hampir seluruh aktivitas butuh listrik. Jadi mari kita rayakan bersama HLN ke-75 yang akan jatuh pada 27 Oktober ini. Semoga listrik membawa hidup kita menjadi lebih baik,” tutup Wiluyo. (Mg-5)