AMBON, Siwalimanews – Kongres Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) ke XXIV yang akan digelar nanti di Kota Ambon, 25-28 Oktober mendatang bakal sengit.  Meski butuh lima hari lagi baru kegiatan akbar itu digelar, tapi  perebutan kursi ketua umum pengurus besar (PB) AMGPM mulai memanas.

Klaim dukungan sudah mulai muncul dari sejumlah kubu kandidat yang bakal memperebutkan kursi pucuk pimpinan AMGPM itu. Informasi yang dihimpun dari panitia kongres menyebutkan, meskipun baru dua orang yang mendaftar calon Ketum PB AMGPM yakni Pendeta Youndry Paays dan Melkianus Sairdekut, tapi dipastikan akan muncul “kuda hitam” dan ini dinamika dalam setiap perhelatan suksesi Ketua Umum PB AMGPM.

Kepada Siwalimanews di Ambon, Senin (19/10), panitia yang enggan namanya dipublikasikan  menjelaskan, “kuda hitam” memang belum muncul, tapi dipastikan saat menjelang kongres yang bersangkutan akan mendaftarkan diri.

“Kita lihat saja nanti. Ada “kuda hitam” dia belum muncul. Bisa dipastikan saat injury time baru yang bersangkutan muncul. Memang ada beberapa kandidat. Tapi saya kira yang ditunggu-tunggu itu saat injury time, karena disitu kita akan lihat siapa yang bakal maju. Oh pasti dari kalangan pemimpin jemaat juga. AMGPM ini butuh orang-orang yang kreatif, sebab itu semakin banyak kandidat yang maju itu bagus, sehingga peserta yang punya hak pilih juga akan bebas memilih dan mengetahui visi dan misi dari setiap kandidat itu,”  jelas panitia yang enggan namanya dikorankan itu.

Sementara itu, salah satu kubu kandidat Melkias Sairdekut yang namanya enggan dipublikasikan juga meyakini  Sairdekut bakal memenangkan pertarungan memperebutkan Ketuam PB AMGPM.

Baca Juga: Dua Kader Daftar Calon Ketum PB AMGPM 

Menurut sumber itu, AMGPM butuh pemimpin seperti Sairdekut untuk membangkitkan  semangat AMGPM.

“Kalau menurut saya, AMGPM itu butuh pemimpin seperti pak Sairdekut. Apalagi beliau kan punya jabatan politik, saat ini Wakil Ketua DPRD Maluku, dengan begitu, AMGPM kedepannya akan lebih baik dan punya warna dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar sumber itu.

Ia mengaku Sairdekut mendaftarkan diri sebagai peserta dari  daerah asal Suli Banda. Meski demikian, Politisi Partai Gerindra itu dipastikan mendapat dukungan penuh dari wilayah Maluku Tenggara Raya.

“Dari wilayah Tenggara Raya sepakat dan menyatukan pilihan kepada Sairdekut,” beber sumber tadi.

sementara itu, Sairdekut yang dikonfirmasi Siwalimanews menyangkut keikutsertaannya maju memperebutkan kursi Ketua Umum PB AMGPM enggan berkomentar. Sedangkan Pendeta Joundry Paays dari daerah asal Kota Ambon hingga berita ini diturunkan tidak berhasil dihubungi lantaran telepon selulernya berada di luar service area. (Cr-2)