AMBON, Siwalimanews – Guna mempercepat pembangu­nan di kawasan perbatasan, ter­utama meningkatkan kesejahte­raan masyarakat maka, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan penanda­ta­nganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN)

PKS tersebut tentang tentang sinergitas pembangunan ekonomi daerah dan desa serta pemba­ngu­nan kawasan perbatasan negara.

Hadir dalam acara penanda­tanganan PKS itu, Deputi I, Plh. Deputi 2, Deputi 3, Pokli BNPP, Karo/Asdep BNPP dan dari KADIN hadir Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbata­san Edy Suryadi serta para ketua dan anggota komite tetap bidang perbatasan KADIN, beserta jaja­rannya.

Deputi Bidang Pengelolaan Infra­struktur Kawasan Perbatasan BNPP Letnan Jenderal TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin pada me­ngatakan, penandatanganan PKS perdagangan lintas batas negara dilakukan oleh Deputi Bidang Pe­ngelolaan Batas Wilayah Negara dan Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbata­san KADIN.

“Kerjasama ini dengan ruang lingkup, fasilitasi penyelenggaraan kegiatan temu pelaku usaha ka­wasan perbatasan negara di ka­wasan PLBN, fasilitasi/peman­faatan sarpras zona penunjang PLBN, fasilitasi/penyelenggaraan perdagangan melalui PLBN dan fasilitasi/penyelenggaraan pro­mosi/pameran potensi ekonomi kawasan perbatasan di zona penunjang PLBN,” tulis Humas BNPP dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, Kamis (21/7).

Baca Juga: Wagub: Kerja Sama Perlu Diperkuat

Sedangkan penandatanganan PKS Dukungan Infrastruktur Ka­wasan Perbatasan Negara, dila­kukan oleh Deputi Bidang Penge­lolaan Infrastruktur Kawasan Per­batasan dan Wakil Ketua Umum Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan KADIN, dengan ruang lingkup, pembangunan sarana dan prasarana, infrastruktur fisik berupa peningkatan konektivitas, aksebi­litas, dan elekterifikasi di kawasan perbatasan negara.

Selanjutnya, infrastruktur eko­nomi dan kesejahteraan masyara­kat meliputi, pembangunan sarp­ras layanan dasar ekonomi dan sosial dan sarpras lainya di kawa­san perbatasan negara, kemudian infrastruktur pemerintah berupa, pembangunan sarpras pemerin­tah, pembinaan dan pember­dayaan masyarakat.

“Adapun bidang kerja sama lain yang disepakati oleh BNPP dan KADIN meliputi, PKS Pengem­ba­ngan potensi kawasan perbatasan telah ditandatangani sebelumnya pada bulan April 2022 oleh Deputi 2 dan WKU Bid Perbatasan KADIN,” urai humas.

BNPP berharap, penandata­nganan PKS ini menjadi tahapan BNPP bersama KADIN utk mewu­judkan komitmen dan tekad ber­sama dalam meningkatkan kese­jah­teraan masyarakat, serta mem­bangun sinergitas untuk pengua­tan dan dukungan upaya perce­patan pembangunan, khususnya di kawasan perbatasan. (S-06)