AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon berupaya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan. Upaya ini diapresiasi Ketua Tim Koordinasi Super­visi dan pencegahan KPK Wilayah Maluku dan Papua, Dian Ali.

KPK berharap, per­baikan itu tidak hanya sekedar normatif atau hanya diatas kertas laporan semata.

“Kami apresiasi niat dan upaya Pemkot Ambon untuk melaku­kan perubahan dan perbaikan tata kelola pemerintahan, sa­lah satunya lewat percepatan transformasi digital. Memang perlu ada terobosan untuk bagaimana mencegah korup­si,” ujar Ali disela-sela monitoring, evaluasi koordinasi dan supervisi pemberantasan ko­rupsi di wilayah Maluku, yang ber­langsung di Balai Kota, Selasa (23/8).

Menurutnya, itu adalah salah satu cara pencegahan korupsi. Kerena meskipun sudah dilakukan super­visi, namun Operasi Tangkap Tang­an (OTT) tetap terjadi, sehingga, semuanya kembali pada mindset atau pola berpikir dari masing-masing orang. Dan itupun harus didukung oleh para pimpinan, dalam hal ini penjabat Walikota Ambon, Sekretaris Kota, maupun para pim­pinan OPD, dan khusus Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon yang secara khusus menangani  IT.

“Jadi percepatan transformasi digital, jangan diartikan sekedar menjadikan semua dokumen fisik menjadi digital, tetapi yang lebih penting, adalah soal adanya konek­ti­vitas, atau integrasi data antar OPD, misalnya antara pajak dan aset, sehingga pengambilan keputusan menjadi lebih baik,” terang Ali.

Baca Juga: Pembatasan Umur Pengangkatan Tenaga Honor Dipertimbangkan

Maka dalam upaya ini, semoga kota dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di kawasan Timur Indonesia. Karena nantinya, keberhasilan Pemkot Ambon akan menjadi cerita menarik hingga ke Pempus. Apalagi diketahui, Pemkot baru saja dihadapkan dengan kasus dugaan tindak pidana Korupsi.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri para pimpinan OPD, camat, lurah dan penjabat Kepala Pemerin­tahan Negeri.

Kegiatan tersebut sekaligus dila­kukan penandatanganan PKS antara Pemkot dengan Amazon Web Service (AWS) Inc. bersama PT. Fatiha Sakti untuk Adopsi Teknologi, laun­ching Aplikasi Absensi Elektronik dan pre­sen­tasi satu data dari AWS, Inc. (S-25)