MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) memastikan biaya perawatan seluruh pasien Covid-19 yang ada di kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu tidak dipungut biaya atau gratis.

Hal ini dikarenakan seluruh biaya pengobatan, perawatan ditanggung 100 persen oleh pemerintah kabupaten. Jika kemudian masyarakat mendengar ada biaya pengobatan yang dipungut maka informasi itu dapat dipastikan hoax dan tidak benar sehingga tidak dapat dipertanggung jawabkan.

“Tidak ada yang memungut biaya apapun. Itu hanya informasi bohong yahg sengaja digulirkan untuk mendeskritkan pemerintah. Semua biaya pengobatan pasien Covid ditangani dan pemerintah. Jadi jangan percaya informasi tidak bertanggungjawab itu,” tegas bupati, kepada wartawan, di Masohi, Senin (6/7).

Abua menegaskan, tidak hanya pasien namun warga yang dikarantina karena melakukan perjalanan ke zona merah pun ditanggung pemerintah.

“Jangankan pasien, pelaku perjalanan dari luar daerah atau dari zona merah juga kita biaya seluruhnya. Makan minumnya ditangani pemerintah. Saya hanya sesalkan kita sedang sibuk menangani penyebaran Covid-19 di wilayah kita tapi masih saja ada pihak yang sengaja menyebarkan informasi sesat terhadap pemerintah,” tegasnya.

Baca Juga: Tambah 10 Pasien Baru, Total Kasus Covid di Maluku 804

Abua juga menegaskan, seluruhnya biaya penanganan Covid-19 di kabupaten ini akan digunakan dengan tertanggung jawab. Aparatur yang nekat menyelewengkan anggaran untuk kepentingan pribadi saya pastikan akan kita proses hukum dan jebloskan ke penjara.

“Masyarakat tidak boleh mempercayai informasi tidak benar dengan cara menyeleksi setiap informasi yang diterima dari pihak manapun termasuk informasi di media-media sosial. Sejauh ini pemerintah terus bekerja keras menangkal penyebaran virus Corona di daerah ini serta terus berupaya semaksimal mungkin guna memberikan pelayanan terbaik bagi setiap warga yang sesuai prosedur kesehatan divonis positif terpapar Corona,” tandasnya. (S-36)