PIRU, Siwalimanews – Memperingati hari ulang tahun ke-19 Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di tahun 2023, Penjabat Bupati, Andi Chandra As’aduddin mengajak masyarakat untuk benahi diri demi membangun SBB lebih baik kedepan.

Ajakan itu disampaikan bupati mengingat dirinya tidak akan mampu bekerja sendiri, perlu bantuan dari semua pihak untuk pembangunan daerah ini sesuai target yang ditentukan.

Dijelaskan, dengan usia ke-19 tahun ini banyak dinamika dan liku-liku yang telah dilalui, tentunya ini harus membuat kita semakin dewasa dalam segala sisi kehidupan, baik kehidupan birokrasi pemerintahan, politik, ekonomi, sosial budaya, ketertiban dan keamanan masyara­kat, serta kehidupan beragama.

“Beta mengajak katong samua basudara untuk sama-sama ber­benah diri. Katong benahi Bumi Saka Mese Nusa ini, katong bikin bae SBB, karena berbenah itu harus diawali dari katong masing-masing, agar nantinya leluhur nusa ina disurga sana dapat tersenyum melihat karya katong samua, dan doa-doa katong di ijabah Tuhan Yang Maha Esa,” ajaknya lagi.

Selaku Pejabat Bupati, kata As’aduddin, dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan menyadari sepenuhnya bahwa tidak akan mampu bekerja sendiri. Untuk itu dirinya sangat membutuhkan bantuan dan kerja sama semua pihak, kalangan serta golongan agar rencana pembangunan daerah yang telah dibuat dan disusun oleh para pendahulu yang dituangkan dalam rencana pembangunan daerah telah ditetapkan dapat terlaksana dan tercapai sesuai target yang telah ditentukan.

Baca Juga: Kapolda Minta PJU Laksanakan Amanah dengan Baik

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua dan para wakil ketua serta seluruh Anggota DPRD dan semua pihak yang telah bersama-sama terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan rapat paripurna dalam memperingati HUT ke-19 Kabupaten SBB. Semoga keberhasilan di tahun 2023 dapat menambah semangat dan motivasi dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di SBB,” ujarnya.

Penjabat Bupati menambahkan, pemerintah daerah menaruh harapan dan dukungan dari lembaga DPRD untuk senantiasa menjadi mitra kerja dalam peng­abdian serta mengawal semua kebijakan program pemerin­tahan, pembangunan, dan pembi­naan masyarakat sehingga tujuan pembangunan daerah yang telah diprogramkan dapat terwujud.

Selain itu, Ketua DPRD Abdul Rasyid Lisaholith mengungkapkan, dengan HUT ke-19 ini selaku DPRD dan Pemkab masih harus banyak berbenah karena masih banyak persoalan, tantangan dan hambatan yang dihadapi, sehingga hal ini dibutuhkan suatu tekad yang bulat lewat kerja sama dan semangat bergotong royong untuk mau kase bae SBB yang lebih baik kedepan.

Menurutnya, dengan Kase Bae SBB ini melalui berbagai program pembangunan merupakan refleksi konteks berbangsa saat ini yaitu, memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, dan semua itu hanya dapat dicapai melalui kerja keras dan kerja bersama-sama.

“Dengan memasuki usia SBB ke-19 ini lewat kepemimpinan Pejabat Bupati As, aduddin dirinya telah berupaya untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam pengabdian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa,” tuturnya.

Menurutnya, kondisi kekinian SBB dengan berbagai kemajuan dan

keberhasilan yang bisa dicapai dalam usia ke-19 tahun ini ternyata belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat. “Oleh sebab­nya sudah waktunya bagi kita un­tuk lebih memperhatikan masyara­kat lewat intervensi program pem­bangunan secara terintegritasi sehingga dapat keluar dari keterbe­lakangan dan kemiskinan. Karena itu sudah saatnya orientasi pembangu­nan daerah perlu menempatkan sektor kepariwisataan sebagai mesin pendorong pembangunan daerah,” tegas Lisaholith.

Ditambahkan, untuk membang­kit­kan sektor pembangunan pari­wisata tidaklah mudah maka dibutuhkan infrastruktur yang cukup, dukungan dari masyarakat, sumberdaya ma­nusia, potensi histori, agro wisata, serta potensi-potensi lainnya yang wajib dikonstruksikan dalam ran­cangan induk pariwisata daerah, induk pembangunan Keparawisa­taan yang mengacu kepada ranca­ngan induk pariwisata Nasional.

Untuk  diketahui, Rapat Paripurna HUT Ke-19 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Abdul Rasyid Risa­holith, didamping Wakil Ketua I Arifin Podlan Gresia, Wakil Ketua II La Nyong dan Pejabat Bupati Andi Chandra As’aduddin serta dihadiri oleh Anggota DPRD, para tokoh pemekaran, Forkopimda, OPD, Kepala Desa, dan undangann lainnya yang berlangsung di ruang rapat DPRD, Sabtu (7)1).  (S-18)