AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih, dan berwibawa, maka para penguji seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi CPNS di lingkup Kanwil Kemenag Maluku, menandatangani pakta integritas.

Penandatanganan pakta integritas yang dipustakan di aula Lantai III Kanwil Kemenag Maluku, Kamis (10/9) itu sekaligus disertai dengan pemberian bimbingan teknis (Bimtek) kepada para penguji SKB.

Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis dalam sambutannya mengatakan, SKB CPNS yang akan berlangsung pada 14 September nanti, merupakan tahapan ketiga dari dua tahapan yang telah dilaksanakan, yaitu tahapan seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dasar (SKD) melalui sistem CAT.

“Bimtek ini bertujuan untuk mencari orang-orang yang benar-benar menguasai dibidangnya, memahami tugas tanggungjawabnya serta profesional sebagai penguji, sehingga dalam proses SKB dapat menghasilkan aparatur yang berkualitas,” ujarnya.

Selain itu kata Kakanwil, penandatanganan perjanjian yang tertuang melalui pakta integritas penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan, bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Cari KM Usaha Baru di Perairan Kei Besar

Panandatangan pakta integritas ini tidak bersifat seremoni tapi merupakan wujud penyelenggraan pemerintah di Kanwil Kemenag Maluku yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan sistem beriokrasi pemerintahan yang sehat, bersih, dan berwibawa.

“Saya berharap para penguji dapat mematuhi ketentuan, melaksanakan segala tugas dan tangungjawab sesuai dengan kompetensi dan keahlihan, berperan secara aktif dalam pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme, jujur, akuntabel dan objektif dalam menjalankan tugas, serta mampu menjaga citra Kanwil Kemenag Maluku,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Kakanwil juga mengajak para ASN agar tetap terbiasa membudayakan hidup sehat, telebih ditengah situasi pandemi Covid-19 ini.

Untuk diketahui, pelaksanaan SKB CPNS tahun 2019 akan berlangsung di Kampus IAIN Ambon pada 14, 18-19 September 2020.(Mg-5)