AMBON, Siwalimanews – Pengaspalan Jalan Gadihu, Desa Batu Merah, sampai dengan hari ini tidak tidak ada perkembangan sama sekali alias mandek.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Melianus Latuihamallo menjelaskan pengaruh cuaca membuat proses pengaspalan tertunda.

“Kalau cuaca mendukung, langsung produksi, dia punya material dan jalan kerja. Ini cuaca belum bersahabat makanya belum jalan,” ungkap Latuihamallo kepada Wartawan di Bali Kota Ambon, Kamis (10/6).

Dirinya tak mengakui kenyataan bahwa pemerintah kota, dalam hal ini dinas terkait tak mampu menyelesaikan pengerjaan jalan tersebut.

“Kontraknya sudah tanda tangan. Kan sudah selesai lelang baru katong tanda tangan kontrak. Jadi proses lelangnya selesai, kontrak tanda tangan. Saat ini tinggal pekerjaannya yang harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Maluku Diingatkan Tepati Janji Awasi Proyek SMI

Disinggung terkait dengan total anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan jalan tersebut, Latuihamallo mengaku dirinya tak menghafal nominalnya, namun yang pasti, anggaran tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Ambon.

“Nanti saya lihat isi dokumen kontraknya dulu. Pasti ada itu berapa besarannya. Nanti lihat isi kontrak, baru saya sampaikan ke teman-teman. Takut jangan sampai salah sebut, repot kha,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, jalan Gadihu hanya tinggal dikerjakan saja, bukan dengan sengaja pemeritah berlama-lama untuk menyelesaikannya.

“Kontraknya sudah ada, tinggal dikerjakan.  Sesuai isi kontrak, setelah ditandatangani maka 7 hari kemudian sudah harus pekerjaan dilakukan. Ini tergantung cuaca saja tohhh,” tutupnya. (S-52)