AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, memberikan apresiasi kepada seluruh anggotanya, baik di Polda Maluku maupun di polres jajaran, atas kinerja mereka dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

Apresiasi itu disampaikan Kapolda saat bertindak sebagai inspektur apel gabungan yang digelar Polda Maluku di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (9/5).

Apel gabungan yang digelar ini kata Kapolda, merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan pengamanan ibadah puasa di bulan Ramadhan hingga perayaan sholat Idul Fitri 1443 hijriah.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Operasi Ketupat Salawaku, baik yang sifatnya pengamanan maupun pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Pada pukul 24.00 WIT hari ini, Operasi Ketupat Salawaku 2022 akan dinyatakan selesai, ini atas kerja keras seluruh anggota sekalian yang penuh keikhlasan, baik yang tergabung di dalam operasi maupun yang melaksanakan tugas rutin di satuan-satuan kita yang cukup besar, baik itu Brimob, Sabhara, Lalulintas, Binmas, Obvit, yang melaksanakan fungsi pengamanan terbuka dan dibantu oleh tugas-tugas pokok kepolisian yang sifatnya tertutup, untuk itu, saya berikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota, baik yang di polda maupun di jajaran yang telah melaksanakan tugas dengan keterbatasan yang ada, dimana, seluruh perintah pimpinan dari bapak Kapolri dapat kita laksanakan,” ucapnya.

Baca Juga: Rumah Lantai Dua, Milik Warga Bentas Ludes Terbakar

Tahun ini kata Kapolda, ada juga beberapa kegiatan yang perlu menjadi perhatian, yaitu terkait permasalahan Covid-19, sebab hingga saat ini pandemi masih terus dihadapi. Pemerintah masih belum menyatakan persoalan ini selesai.

“Artinya kita tetap melaksanakan seluruh protokol kesehatan, baik di internal kita maupun kegiatan di masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya mengenai pemulihan ekonomi nasional Kapolda mengaku, dampak Covid-19 sangat mempengaruhi ekonomi kerakyatan, untuk itu perlu peran aktif Polri dalam mendukung kegiatan dan program pemerintah dalam mengatasi persoalan ini.

“Sebagai anggota Polri mari kita laksanakan, kita bantu program-program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, serta untuk jajaran Polres di pemkab/pemkot, peran Polri disini adalah memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum sesuai dengan tupoksi kita,” tandasnya.

Dalam menangani sejumlah persoalan di Maluku lanjut Kapolda, yang menjadi kuncinya, adalah melaksanakan tugas secara preemtif dan preventif.

“Di wilayah Maluku ini tugas-tugas preemtif dan preventif yang menurut saya memegang kata kunci dan memegang peranan penting, agar tidak terjadi sesuatu konflik, baik yang sifatnya sosial maupun sifatnya komunal,” jelasnya.

Olehnya itu, Kapolda kembali mengajak seluruh personel agar dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah dan kepercayaan yang diberikan pimpinan secara baik.

“Khusus bagi saudara-saudara kita yang beragama Islam, agar Ramadhan dapat dijadikan proyeksi kita dalam mengerjakan seluruh amalan dengan kebaikan-kebaikan, sholatnya, sunnahnya, amalnya, dan sedekahnya semakin bertambah, dan kita menjunjung toleransi antar sesama, kita menerapkan sendi-sendi kehidupan penuh damai diantara sesama, itulah yang diharapkan,” pintanya. (S-10)