MASOHI, Siwalimanews – Pihak Bandar Udara Amahai rencana buka rute penerbangan pesawat perintis yang baru, Amahai-Ambon dan Amahai-Wahai atau Bula SBT.

Rencana tersebut akan diusulkan oleh Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Amahai kepada Dirjen Perhubungan Udara, Kementrian Perhubungan.

“Rencana kita usul agar tahun depan Bandara Amahai buka rute penerbangan yang baru, yaitu rute Amahai-Wahai atau Bula dan Amahai-Ambon PP,” kata Januaris Seralurin, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Amahai, di Masohi, Senin (22/2).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Januaris minta dukungan Pemda Maluku Tengah (Malteng) dalam hal ini Bupati dan DPRD.

“Tinggal rekomendasi Pemda dan itu akan kami sampaikan secara langsung karena saya baru bertugas di sini dan belum  sempat ketemu Bapak Bupati. Kami harap ke depan ada dukungan DPRD dan Bupati agar realisasi rute penerbangan perintis yang baru di Bandara Amahai terlaksana,” harapnya.

Baca Juga: Aliansi Solidaritas Husein Suat Demo DPRD

Jika rute penerbangan perintis yang baru di buka maka, jarak tempuh Amahai-Wahai atau Bula dan Amahai-Ambon menjadi singkat.

“Kalau rute itu bisa dilakukan maka, yang tadinya warga akses perjalanan Amahai Masohi ke Wahai atau Bula SBT dengan 4 sampai 6, 7 jam lewat darat, tapi dengan pesawat, hanya kurang lebih 45 menit. Begitu juga dengan perjalanan Amahai ke Ambon tak sampai sejam,” jelasnya.

Januaris mengatakan, pihaknya punya visi jadikan Bandara Amahai menjadi Bandara yang sejajar dengan Bandara lainnya di Indonesia yang bisa melayani banyak penerbangan. Hal itu kata Dia semata-mata untuk kemajuan Maluku Tengah.

Olehnya itu,  dibutuhkan dukungan semua pihak terutama masyarakat sekitar Bandara dan pihak TNI AU maupun Pemda untuk mewujudkan niat tersebut.

“Saat ini, Bandara Amahai baru melayani penerbangan pesawat perintis Amahai-Banda dan Amahai-Fakfak Papua Barat dengan pesawat NAM AIR jenis Twint Otther. Jadwal tersebut hanya seminggu sekali yakni setiap hari Senin,” katanya.  (S-38)