AMBON, Siwalimanews – Ketua Pemuda Pancasila Maluku, Boy Latuconsina optimis Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pan­casila (P4), dapat menyelematkan generasi muda dari keterlupaan akan nilai-nilai Pancasila.

Latuconsina mengatakan, pihaknya tidak akan melepas tangan dan akan terus memperjuangkan amanat dari Pemuda Pancasila pusat, yakni memperjuangkan P4 untuk kembali dijalankan dalam lingkup pendidikan di Indonesia tak terkecuali di Maluku.

“Yang pasti, pemuda Pancasila akan berpartisipasi untuk mengembalikan nilai-nilai Kebangsaan dan Pancasila, yang harus diwujudkan di sekolah-sekolah,” ungkap Latuconsina, disela-sela kegiatan Diskusi Pemuda Pancasila, dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, di Ambon, Selasa (1/6).

Dikatakan, hal tersebut dikarenakan saat ini anak-anak bangsa sementara dididik seturut levelnya yakni dasar (SD), menengah (SMP), hingga atas (SMA). Oleh sebab itu diyakini Latuconsina dengan memperjuangkan kembalinya P4 kurikulum satuan pendidikan maka dapat memberi kontribusi besar bagi anak-anak dalam memahami nilaia-nilai yang terkadung di dalam Pancasila itu sendiri.

“Kalau mereka itu diselamatkan, maka saya dan teman-teman pemuda Pancasila mempunyai keyakinan bahwa masa depan Indonesia akan jauh lebih baik dari pada hari ini,” ulasnya.

Baca Juga: Pemkab Aru Siaga Bencana Alam

Tak hanya itu, diskusi yang bertemakan ‘Nilai Pancasila dalam semangat kehidupan Basudara orang Maluku, sebagai sumber resolusi perdamaian Maluku dan Dunia’ ini juga diselenggarakan guna memperjuangkan Pancasila di tengah kehidupan masyarakat di Maluku.

“Selain dunia pendidikan, lingku­ngan pemuda di masyarakat pun perlu diselamatkan. Dengan cara pa­ra anggota Pemuda Pancasila dapat menjadi panutan ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Tujuan kami untuk menjadikan seluruh  kader pemuda Pancasila itu sebagai panutan dan teladan yang Panca­silais sehingga dia ada di pergaulan luar Pancasila mampu jadi teladan dan panutan di masyarakat,” ujarnya.

Latuconsina juga menegaskan, dimana ada kedzaliman, penindasan, kesewenangan, maka Pemuda Pan­casila akan hadir untuk melindungi rakyat, karena untuk itulah Pemuda Pancasila lahir. (S-52)