AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya sejumlah kalangan baik dari akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, kali ini Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Maluku memberikan apresiasi atas kenaikan pangkat bintang tiga yang diterima Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jefry Rahawarin.

Apresiasi ini disampaikan lang­sung Ketua PLH carateker MPW PP Maluku, Boy Latuconsina usai melakukan silahturahmi bersama Pangdam, Kamis (5/8).

“Kami memberikan apresiasi pak Pangdam atas dipercaya naik ke bintang tiga,” ungkap Latuconsina kepada Siwalima, Kamis (5/8).

Dijelaskan, dalam percakapan bersama Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jefry Rahawarin menya­takan adanya kerinduan untuk ber­buat banyak hal untuk Maluku.

Salah satunya menjadikan siner­gitas antara TNI bersama dengan masyarakat guna memberikan  posi­tif bagi masyarakat Maluku.

Baca Juga: Jaksa Telaah Proyek Jalan Lintas Teor

Namun, karena tugas dan tang­gungjawab dirinya harus bertugas pada tepat yang baru sebagai Pang­lima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 3 yang juga meliputi wilayah kerja Kodam XVI Pattimura.

Prestasi yang didapatkan Pangdam, kata Latuconsina memberikan motivasi bagi semua putra dan putri Maluku bahwa bintang tiga bukanlah sebuah mitos.

“Kalau seorang Jeffry bisa mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang tiga maka perwira aktif Maluku yang masih berproses di Polri maupun TNI punya peluang yang sama,” tegasnya

Bangga

Seperti diberitakan sebelumnya, Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Jafet Damamain mengatakan, selaku masyarakat Maluku, dirinya merasa bangga dengan prestasi yang diterima Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jefry Rahawarin yang mendapatkan pangkat baru.

“Sebagai bagian dari masyarakat merasa bangga sebagai seorang putra Maluku yang mendapat penghargaan begitu tinggi dari negara khususnya di bidang militer, dimana rekrutmen dan pemberian jabatan lebih ketat dan tebatas, sehingga  diangkatnya pak Jeffry Rahawarin Katong mendukung,” ungkap Damamain saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/8).

Menurutnya, pangkat dan jabatan baru yang diterima Rahawarin memberikan rangsangan bagi masyarakat Maluku, sebab dengan kondisi yang ada menunjukkan putra Maluku masih memiliki kualitas yang mumpuni.

“Menjadi motivasi bagi anak muda yang sementara belajar dan berjuang untuk optimis kedepan dan mudah-mudahan ini bukan jabatan terakhir agar ada peluang-peluang kedepan yang bisa diemban,” tegasnya.

Jadi Motivasi

Di tempat terpisah, Ketua MUI Provinsi Maluku, Abdullah Latuapo turut merasa bangga atas kenaikan pangkat yang sudah diterima oleh Jeffry Apoly Rahawarin.

Menurutnya, kenaikan pangkat yang diterima merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat

Kata dia kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/8) dengan kenaikan pangkat ini, Rahawarin dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Seluruh masyarakat Maluku harus bekerja sama terutama dalam menjaga situasi dan kondisi tetap aman,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kenaikan pangkat yang diterima Jeffry Apoly Rahawarin akan tetap memberikan motivasi untuk lahirny putra -putra Maluku terbaik.

Berikan Kontribusi Positif

Ketua DPD KNPI Maluku, Faisal Saihitua. mengatakan kenaikan pangkat Pangdam XVI Pattimura dari Mayor Jenderal menjadi Letnan Jenderal merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Maluku.

“Ini suatu kebanggaan bagi Maluku dan selaku Ketua DPD KNPI Maluku menyampaikan selamat dan sukses atas posisi baru,” ungkap Faisal.

Menurutnya, prestasi Pangdam XVI Pattimura memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat Maluku bukan hanya di Kota Ambon tetapi hingga ke pelosok daerah.

Bertambahnya pangkat Pangdam XVI Pattimura telah menambah daftar orang Maluku yang menduduki jabatan tinggi TNI AD.

Faisal berharap, kebanggaan yang lahir dapat menjadi energi positif dan dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat.

Prestasi

Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Maluku, Heppy Leonard Lelepary mengatakan, bertambahnya satu bintang di pundak Pangdam XVI Pattimura merupakan kebanggaan bagi Maluku.

“Beta kira itu prestasi dan kebanggaan bagi Maluku,” ungkap Lelepari.

Capaian yang telah diterima Pangdam, kata Lelepary telah menjadi ruang motivasi bagi perwira karir asli Maluku khususnya generasi muda untuk mengikuti jejak  Pangdam.

Menurutnya, dari peta distribusi TNI, Panglima TNI dan Menkopolhukam telah memberikan penghargaan yang cukup tinggi sehingga harus menjadi motivasi bagi masyarakat Maluku. (S-50)