AMBON, Siwalimanews – Tim dari Universitas Kristen Maluku (UKIM) mengajarkan penggunaan aplikasi perkantora kepada pemuda dan pelajar Negeri Neniari, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Mereka diajarkan bagaimana trampil menggunakan aplikasi perkantoran seperti word, excel, dan power point menjadi kompetensi dasar.

“Aktivitas perkantoran dalam lingkungan kerja saat ini sudah dipastikan wajib menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, termasuk juga dalam dunia pendidikan, sehingga itu yang kita ajarkan,” kata Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UKIM Hennie Tuhuteru sekaligus dosen pada prodi Informatika kepada Siwalima di Ambon, Rabu (30/11).

Ia mengaku kompetensi dasar komputer sudah wajib menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, termasuk juga dalam dunia pendidikan.

“Jadi ini menjadi sasaran utama kita, sekaligus memberikan sosialisasi tentang penggunaan media sosial dalam kaitannya dengan UU ITE kepada kelompok persekutuan pemuda pelajar Neniari,” ungkap Tuhuteru.

Baca Juga: Diduga Pilkades Dreamlen Hils Penuh Kecurangan

Kegiatan ini juga yang merupakan organisasi non-profit yang dibentuk atas dasar kebersamaan pemuda dan pelajar Negeri Neniari, yang sementara sekolah maupun bekerja di Kota Ambon.

“Kelompok mitra kita saat ini berpusat di Jalan da Silva, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon,” jelas Tuhuteru.

Tuhuteru menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM UKIM ini terbagi menjadi dua kegiatan, yakni, kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi perkantoran yang dilakukan sejak 15 Agustus hingga 10 September 2022.

“Pelatihan penggunaan aplikasi perkantoran dan sosialisasi penggunaan media sosial yang dilakukan berdasarkan analisis situasi dan kondisi mitra yang telah kami lakukan sebelumnya termasuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan dari anggota mitra,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Tuhuteru atas nama Tim PKM juga menyampaikan terima kasih kepada pemuda dan pelajar Negeri Neniari yang telah berkontribusi selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan ini berjalan karena adanya keterlibatan dari seluruh anggota P3N. Selain itu juga kami mengucapkan terima kasih kepada UKIM yang telah mendukung tim, serta Kemendikbud melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) yang telah memberikan bantuan dana untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ucap Tuhuteru.

Sementara itu Ketua P3N Kota Ambon Ruben Lumatalale diakhir kegiatan itu menyampaikan terima kasih kepada Tim PKM UKIM yang telah merencanakan dan melaksanakan kegiatan PKM terhadap kelompok P3N.

“Banyak hal yang kami dapatkan dari proses kegiatan ini, karena ini baru pertama kali dilakukan terhadap P3N. Semoga kegiatan ini tetap berlanjut setiap tahun, agar adik-adik yang baru datang dari Negeri Neniari,” harap Lumatalale.

Untuk diketahui timnya yang beranggotakan Dosen Prodi Hukum UKIM Alfian R Makaruku serta  Richard Siahaya dan Yulis Garlora sebagai yang turun memberikan pelatihan serta sosialisasi tersebut. (S-06)