AMBON, Siwalimanews – John Saiya, pemuda 23 tahun ini nekad terjun bebas dari KM Doro­londa ke laut yang sementara berlayar keluar dari Tanjung Alang.

Pemuda asal Negeri Aboru, Keca­matan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah ini melakukan aksi ekstrim dari atas KM Dorolonda ini karena ingat orang tuanya di kampung halaman.

Tujuan ingin merantau, dikuburkan­nya dengan cara terjun bebas ke laut dari atas kapal tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (15/5), saat kapal KM. Dorolonda dari pelabuhan Asal Ternate tiba di dermaga pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Saat itu  penumpang kapal KM Dorolonda tujuan Surabaya mulai naik, termasuk Jhon Saiya yang diantar oleh ayahnya Matheos Saiya. Namun ditengah perjalanan dimana posisi kapal berada di depan Laha Saiya nekad melompat.

“Jhon Saiya awalnya berada di deck 3 kapal bersama seorang kakak perempuannya, tiba-tiba dia teringat dengan ibunya yang sudah lansia dan tinggal sendirian di Desa Aboru, kemudian korban pun tanpa berbicara langsung berdiri dan berjalan naik menuju ke Deck 7 kapal menuju ke tepi kapal dan langsung melompat ke laut,” jelas Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Moyo Utomo kepada wartawan, Senin (16/5).

Baca Juga: Terbakar, Supir Angkot Kudamati Alami Luka Bakar

Mengetahui ada penumpang yang melompat, Nahkoda Kapal Kapten Ridwan, langsung memutar balik untuk mencari korban. Beberapa saat kemudian korban ditemukan dalam keadaan selamat. Korban kemudian diantar kembali menuju pelabuhan Yosudarso mengunakan speedboat.

“Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat kemudian dinaikan ke speedboat dan dibawa kembali ke dermaga Pelabuhan Yos Sudarso, selanjutnya ke Kantor KSOP, korban lalu diserahkan ke keluarganya,” ujar Moyo. (S-10)