AMBON, Siwalimanews – Pemerintah provinsi mengucapkan selamat kepada sarjana Angkatan XXIV dan Magister angkatan XV periode I IAIN yang diwisuda Rabu (31/8) kemarin.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada rektor dan seluruh civitas akademika IAIN Ambon  yang telah menghantarkan generasi muda ke capaian akademik yang sangat membanggakan ini.

Dikatakan, wisuda merupakan salah satu momentum penting yang mencerminkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sebuah perguruan tinggi.

“Hendaknya tidak dijadikan sebagai acara rutin yang bersifat seremonial semata, tetapi lebih dari itu harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses penyelenggaraan pendidikan,” pesannya.

Menurutnya saat ini, sedang diperhadapkan pada berbagai tantangan pembangunan yang tidak mudah, terutama di bidang ekonomi. Dimana pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu masih berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sekaligus penyediaan lapangan kerja di masyarakat.

Terkait hal itu ia menitipkan pesan kepada semua peserta wisuda agar mementum wisuda ini sebagai cambuk untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan untuk menjawab tantangan-tantangan perubahan yang ada.

“Perubahan sosial di masyarakat terus terjadi dengan segala dina­mi­kanya. Perkembangan ilmu pengeta­huan dan teknologi yang semakin modern menciptakan berbagai per­cepatan dan dinamisasi di semua bidang kehidupan,” jelasnya.

Selain itu katanya, Pemprov Ma­luku terus berusaha meningkatkan akselerasi pembangunan di berbagai bidang. “Saya tentu mengharapkan agar semua wisudawan hari ini dapat mengambil bagian dalam proses pembangunan yang ada sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki,” ucapnya.

Dirinya juga memberikan duku­ngan kepada rektor dan seluruh civitas akademika yang terus bekerja keras untuk mengembangkan lem­baga ini, menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Ia mendapat informasi bahwa berbagai prasyarat yang dibutuhkan dalam alih status telah dipenuhi oleh IAIN Ambon.

“Saya yakin bawah perubahan status IAIN Ambon menjadi UIN akan membuka akses yang lebih luas bagi seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk melakukan ino­vasi dan pengembangan akademik, meningkatkan mutu pendidikan, memperkuat penelitian dan inovasi teknologi, serta berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang rele­van dan mampu menjawab kebu­tuhan masyarakat di Maluku,” tandasnya. (S-09)