AMBON, Siwalimanews – Jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, Pemprov Maluku menyumbangkan sebanyak 120 hewan qurban. Hewan-hewan itu terdiri dari 60 ekor sapi dan 60 ekor kambing. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku, Aji Muhammad mengaku tahun ini sumbangan hewan qurban lebih banyak tahun lalu.

“Jadi hewan qurban kita tahun ini sebanyak 160 ekor terdiri dari sapi dan kambing. Tahun ini lebih banyak dari tahun lalu,” terang Aji kepada wartawan, Selasa (28/7).

Dirinya mengaku penyerahan hewan qurban ini akan dilakukan oleh Gubernur, Murad Ismail secara simbolis di Masjid Al-Fatah, Rabu (29/7).

“Pak gubernur akan menyerahkan hewan qurban secara simbolis di Masjid Al-Fatah,” kata Aji.

Untuk rincian dari hewan qurban dan diberikan kepada siapa atau di masjid atau yayasan mana saja dirinya mengaku rinciannya akan dijelaskan setelah penyerahan secara simbolis oleh gubernur.

Baca Juga: BMW Berbagi Kasih Melalui Hewan Qurban dan Sembako

“Nanti pak gubernur serahkan baru kita kasih rincian siapa penerima hewan qurban ini sendiri,” ujarnya.

Kata Aji, selain memberikan hewan qurban di Kota Ambon, Pemprov Maluku juga memberikan kepada masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kita juga memberikan hewan qurban ke masyarakat di Kecamatan Salahutu dan Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah,” tandasnya.

Sapi Milik Presiden

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyumbangkan satu ekor sapi dengan berat hampir satu ton  untuk masyarakat Maluku guna merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Sapi ini sendiri kini dalam pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter hewan pada Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

“Rencana hari ini, Senin (27/7), sapi dengan berat 950 kg ini akan diserahkan ke Masjid Al-Fatah Ambon,” jelas Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Maluku, Aji Muhammad kepada Siwalima di kantor Gubernur Maluku, Sabtu (25/7).

Menurutnya, sapi qurban yang diserahkan presiden tahun ini lebih berat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu pak presiden mem­berikan sapi qurban dengan jenis ongole yang beratnya 850 kg, tapi tahun ini lebih berat yakni 950 kg,” kata Aji.

Selain penyerahan sapi presiden, juga akan diserahkan sapi milik gubernur yang tahun ini ukuran lebih besar dari tahun 2019. “Sapi qurban milik pak gubernur tahun lalu beratnya 800 kg tahun ini beratnya meningkat menjadi 900 kg,” ungkap Aji.

Penyerahan hewan qurban baik milik Presiden maupun Gubernur Maluku, Murad Ismail kata Aji akan dilakukan bersama-sama.

Hewan qurban milik orang nomor satu ini sendiri rencananya akan diserahkan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail. (S-39)