AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengoptimalkan kinerja sebagai aparatur negara.

Penegasan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Sekda Maluku Sadli Ie ketika membuka Raker Satpol PP se-Provinsi Maluku di ruang rapat lantai VI Kantor Gubernur, Selasa (29/3).

Sekda Maluku juga memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan raker, sebagai bagian dari konsolidasi dan sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi Satpol PP provinsi maupun kabupaten kota.

Pada kesempatan itu juga sekda menyampaikan beberapa arahan terkait pelaksanaan raker yakni sebagai perangkat daerah yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar.

“Satpol PP diharapkan lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya yakni menegakkan peraturan daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan kepada masyarakat,” kata sekda.

Baca Juga: Tari Soya-Soya Sambut Kunker Perdana Pangdam di Bumi Kieraha

Selain itu dirinya meminta agar satpol pp dapat meningkatkan profesionalitas sebagai ASN di daerah masing-masing melalui diklat dasar dan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas lainnya, agar mampu mendukung tugas pokok dan fungsinya.

Di era transformasi digital saat ini, sebut sekda, kita berada dalam perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga. Oleh karena ituSatpol PP harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya dan lakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju dan berkembang.

“Tingkatkan juga citra positif Satpol PP di mata masyarakat, dengan pendekatan persuasif dan humanis dalam melaksanakan tugas,” ingat sekda.

Disamping itu menurutnya, lakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, terutama di masa pandemik Covid-19 yang belum juga berkahir.

Dan juga bangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara optimal dengan jajaran TNI Polri, instansi vertikal, BUMN, BUMD maupun instansi terkait lainnya, guna mengoptimalkan kinerja Satpol PP.

Sekda juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua jajaran Satpol PP di provinsi dan kabupaten kota yang sudah melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan dengan baik, sehingga penyebaran Covid-19 di Maluku semakin menurun. (S-20)