AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Sosial menggelar seminar nasional bertajuk AM Sangadji menuju Pahlawan Nasional. Seminar yang berlangsung di Auditorium Kampus IAIN Ambon, Rabu, (28/12) itu, dibuka secara oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya seminar tersebut, sebagai bukti komitmen pemprov untuk menjadikan AM Sangadji sebagai Pahlawan Nasional, sehingga diharapkan pelaksanaan seminar tersebut, dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran brilian dari para narasumber dan juga peserta, demi menghasilkan rekomendasi terbaik untuk menjadikan A M Sangadji sebagai pahlawan nasional.

“Saya sangat yakin, bahwa niat baik keluarga besar A M Sangadji yang didukung penuh oleh pemprov beserta seluruh stakeholder terkait,  termasuk masyarakat Maluku, maka Insya Allah dengan Ridho Allah SWT, Tuhan yang Maha Besar, pada tahun 2023 nanti, Indonesia akan memiliki tambahan satu lagi pahlawan nasional asal Maluku,” tandasnya.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar A M Sangadji yang berada di Kalimantan Timur, Kepulauan Riau maupun di Maluku, terutama di Negeri Rohomoni, yang mana sejak awal, telah terlibat dalam proses perjuangan dimaksud.

Diketahui seminar itu turut dihadiri oleh mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, sementara narasumber yang dihadirikan antara lain, Ganjar Basuki Santoso (Kemensos), Prof Dr Wasino (Dosen Universitas Negeri Semarang), Prof Dr Agus Mulyana (Dekan Fakultas Pendidikan IPS. UPI Bandung), Rektor Unpatti M J Saptenno, dan Rektor IAIN Zainal Abidin Rahawarin dan Rektor UKIM Hengky Hetharia.(S-25)

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Berbagi Kasih di Hari Natal