AMBON, Siwalimanews – Masyarakat pada empat Negeri di Kecamatan Teluti, Kabupaten Maluku Tengah, yakni Negeri Ulaha, Lahakaba, Lahasrani dan Nyamalatu minta kepada Pemprov Maluku untuk membangun satu gedung SMA di daerah tersebut.

Permintaan masyarakat empat negeri itu disampaikan langsung kepada anggota DPRD Provinsi Maluku, Vivian Uneputty saat melakukan reses beberapa waktu lalu.

Menurutnya, selama ini siswa SMP yang berasal dari empat negeri tersebut sangat kesulitan ketika harus memasuki jenjang pendidikan SMA, sebab jarak antara SMA dengan kampung cukup jauh yakni mencapai 8 kilo meter.

Selain itu, minimnya akses jalan menuju ke sekolah ditambah dengan tidak ada angkutan umum yang dapat ditumpangi oleh para siswa menambah tingkat kerumitan. Akibatnya setiap tahun banyak sekali anak-anak pada empat negeri ini harus putus sekolah.

“Jadi kemarin di empat negeri ini mereka minta agar Pemprov Maluku membagun SMA disana,” ungkap Vivian, kepada Siwalimanews di Ambon, Rabu (19/5)

Baca Juga: Soal Kenaikan Retribusi Parkir, Ini Pendapat Warga Kota

Menindaklanjuti persoalan itu, maka Vivian telah meminta Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, untuk dapat membangun sekolah persiapan, sambil menunggu proses penyelesaian lahan untuk dibangun satu unit SMA bagi empat negeri tersebut.

“Kemarin sudah sempat bicara dengan kadis untuk pengadaan sekolah persiapan sambil menunggu lahan untuk pembangunan satu SMA bagi 4 negeri ini,” ucap Vivian. (S-50)