AMBON, Siwalimanews – Pemprov Maluku memberikan sejumlah bantuan kepada Pemkab Maluku Barat Daya (MBD) belum lama ini. Bantuan sebesar Rp 313,9 milyar itu dialokasikan pada beberapa bidang yakni Bidang Pendidikan dengan jumlah bantuan Rp 11.717 milyar, Bidang Kesehatan sebesar Rp 44.824 milyar, bidang Infrastruktur Rp 28.150 milyar, Balai Jalan Rp 90 milyar, Cipta Karya Rp 82 milyar, Balai Wilayah Sungai Rp 55 milyar, Bidang Pertanian Rp 1.476 milyar dan Koperasi sebesar 740 juta. Bidang Perikanan sebanyak 16 paket Body Kasko 1,5 GT.

Pjs Bupati Maluku Barat Daya, Drs. Melkias M. Lohy, M.T dalam laporannya menggambarkan kondisi terkini Kabupaten Maluku Barat Daya dengan permasalahan yang dihadapi dan juga potensi alam yang dimiliki.

Pjs Bupati MBD mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Maluku dan rombongan yang telah melaksanakan kunjungan kerja di kabupaten ini dan juga atas bantuan yang diberikan bagi masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Pada kesempatan itu Gubernur Maluku mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat MBD atas penyambutan kepadanya bersama rombongan di kabupaten yang bertajuk “ Bumi Kalwedo” ini.

Tugas sebagai Kepala Daerah menurut Gubernur Maluku adalah 2+1 yakni menurunkan kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan menjaga keberlangsungan sumber daya alam agar bisa dinikmati oleh anak cucu di kemudian hari.

Baca Juga: DPRD Maluku Minta Tambahan DAU dari Pempus

“Selain itu juga Gubernur Maluku juga harus bisa menjadi stabilisator dan dinamisator untuk 11 kabupaten/kota yang ada di provinsi ini, oleh sebab itu kunjungan kerja ini bertujuan agar saya bersama seluruh OPD yang datang bisa mengetahui secara langsung berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” kata Gubernur.

Pada kunjungan Gubernur Maluku dan rombongan kali ini ada sejumlah bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya  dengan jumlah bantuan sebesar Rp 313,9 Milyar.

Bantuan ini dialokasikan pada beberapa bidang yakni Bidang Pendidikan dengan jumlah bantuan Rp 11.717 Milyar, Bidang Kesehatan sebesar Rp 44.824 Milyar, Bidang Infrastruktur Rp 28.150 Milyar, Balai Jalan Rp 90 Milyar, Cipta Karya Rp 82 Milyar, Balai Wilayah Sungai Rp 55 Milyar, Bidang Pertanian Rp 1.476 Milyar dan Koperasi sebesar 740 juta. Bidang Perikanan sebanyak 16 paket  Body Kasko 1,5 GT.

Disamping itu juga terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak, Gubernur Maluku meminta kepada pihak KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara di Kab. MBD agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan demokratis, aman dan akuntabel, tetap melakukan koordinasi dengan pihak TNI/Polri serta Satgas Covid-19 Kab. MBD, agar pelaksanaan pilkada bebas dari penyebaran Covid-19.

Dan kepada masyarakat Maluku Barat Daya agar turut mensukseskan pelaksanaan pilkada nanti dengan cara men­-jaga ketertiban dan keamanan sehingga menciptakan suasanan yang kondusif. “Berdoa tidak menjanjikan semua persoalan hilang, tetapi dengan berdoa anda akan kuat menghadapi semua persoalan” tutur Guburnur.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Maluku meresmikan sarana dan prasarana pendi­dikan yang telah selesai dire­habilitasi dan direnovasi yang ditandai dengan penan­data­nganan prasasti. Kalwedo. (S-19)