AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan menyurati empat kepala daerah yang menyelenggarakan pilkada untuk segera mencairkan dana pilkada tahun 2020.

Empat kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada pada 9 Desemeber mendatang yakni, Kabupaten Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

”Inikan dana hiba NPHD untuk kabupaten yang selenggarakan pilkada, nanti kita surati agar empat pemkab ini segera mencairkan anggaran pilkada,” janji Sekda Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di Ambon, kemairn.

Ia mengaku, NPHD itu sendiri mekanisme pancairannya dilakukan oleh daerah yang menyelenggarakan pilkada secara bertahap tidak sekaligus. Untuk itu itu pemprov akan minta untuk mencairkan tahap pertama sebesar 40 persen.

“Tahap pertama 40 persen itu harus dimanfaatkan dulu oleh KPU, Bawaslu, setelah itu baru pencairan tahap selanjutnya dan seterusnya,” ujar Kasrul.

Baca Juga: Selanno: Miliki Penyakit Penyerta Kerja dari  Rumah

Kasrul mangaku, lambatnya pencairan dana pilkada di empat kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada ini, hanya karena masalah teknis.

”Tidak ada masalah, ini soal teknis aja, nanti semua bupati kita perkuat dengan surat edaran gubernur, dan kami sudah cek semua tidak ada masalah,” ucap Kasrul. (S-39)