AMBON, Siwalimanews – Di tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan dana hibah sebesar Rp16 miliar sebagai dana hibah bagi warga dalam bentuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan keagamaan.

Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kota Ambon, Fenly Masawoy mengatakan, ada sekitar Rp16 miliar yang disiapkan Pemerintah Kota di tahun 2023 ini, sebagai bentuk dana bantuan hibah bagi masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan keagamaan.

Bahkan Tahun ini, lanjutnya, terjadi peningkatan pada pos anggaran dimaksud, karena ada tambahan dari dana aspirasi anggota DPRD Kota Ambon yang disalurkan melalui Bagian Kesrah Kota Ambon.

“Untuk hibah tahun ini, di Bagian Kesra meningkat, karena ada tambahan dari aspirasi Anggota Dewan yang memberikan hibah lewat dana aspirasi mereka. Oleh karena itu, tahun ini Bagian Kesra punya dana hibah meningkat tinggi, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp7 miliar,” terangnya.

Dikatakan, dana hibah yang ada pada Bagian Kesra, lebih diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan seperti diantaranya, pembangunan tempat-tempat Ibadah, lembaga-lembaga mitra seperti  Baznas, dan lembaga-lembaga keagamaan, seperti LPTQ, Lasqi, Pesparawi, Pesparani. Dan juga bagi organisasi-organisasi masyarakat, yang mana khusus untuk organisasi ini, akan ada pertimbangan.

Baca Juga: Pemda Harus Bijaksana Tempatkan Penjabat Kepala Desa

“Artinya yang sudah dapat tahun lalu, tidak bisa dapat tahun ini lagi. Dan harus berbadan hukum. Itu sesuai Undang-Undang dan juga diatur oleh SK Walikota,” jelasnya.

Dia mengaku, bantuan dana hibah ini sebagai bentuk perbatian Pemerintah Kota Ambon, dalam hal ini Penjabat Walikota Ambon, yang menaruh perhatian besar bagi masyarakat melalui bidang-bidang keagamaan.

“Dengan ini, makanya ada banyak proposal tempat-tempat Ibadah yang dari Tahun lalu, sudah diakomodir di Tahun ini,” katanya.(S-25)