JAKARTA, Siwalimanews – Pemkot Ambon memastikan dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan kepada keluarga para narapidana yang ada dalam teritori Kota Ambon.

“Sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya, pemkot ingin berikan bantuan kepada keluarga para napi di empat tempat, dalam teritori Kota Ambon, antara lain Lapas, Rutan, Napi Perempuan dan Anak,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, di Gedung Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Kamis (7/8)

Dijelaskan, total napi yang telah tercatat saat ini sebanyak 1.011 orang, namun data ini juga akan diferivikasi lagi, karena tujuan bantuan ini untuk bantu napi yang kurang mampu dan yang betul-betul membutuhkan uluran tangan pemerintah.

Rencana pemberian bantuan ini, kemudian dikoordinasikan dengan ke Kementerian Hukum dan HAM, untuk itu Menteri Hukum dan HAM mengundang Walikota Ambon untuk melakukan pertemuan bersama di Jakarta.

“Dalam pertemuan tersebut, pak Menteri berikan apresiasi dan berterima kasih kepada pemkot yang ingin berikan bantuan dan pembinaan bagi para napi yang ada di Ambon terutama di masa pendemi ini,” tuturnya.

Baca Juga: Ekspor Maluku Turun 77,62 Persen

Untuk itu, kata Walikota, Menkum Ham akan menugaskan Dirjen PAS untuk datang ke Ambon dan menghadiri acara penyerahan bantuan tersebut, sekaligus mewujudkan kemitraan antara pemkot dan Kemenkumham.

Selain pemberian bantuan dalam bentuk bansos, Pemkot Ambon juga akan memberikan bantuan berupa seperangkat alat keterampilan bagi para napi.

“Maksud dari pemberian alat tersebut, agar para napi dapat menyalurkan bakat serta keterampilan mereka yang berujung pada peningkatan kesejahteraan mereka sendiri,” ujarnya.

Dalam kaitan dengan itu, Pemkot Ambon dan Kanwil Kemenkumham telah mengadakan rapat koordinasi untuk pelaksanaannya dan diperkirakan akan dilaksanakan setelah Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

“Ini merupakan bagian dari peringatan hari kemerdekaan, semangat solidaritas sosial yang kita wujudkan kepada sesama,” pungkasnya. (Mg-6)