Pemkot Seleksi Tenaga Kerja ke Australia

AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon menjalin kerja sama dengan Global Labour Solutions (GLS) merekruitmen tenaga kerja dibidang kesehatan untuk diberangkatkan ke Australia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Godlief Soplanit mengatakan, sebanyak 80 pelamar berasal dari Politeknik Kesehatan (Poltekes) Ambon yang sudah melamar dan akan diseleksi sesuai dengan kuota yang diminta sebanyak 50 pelamar.

“Seleksi akan dilakukan langsung oleh GLS yang akan datang ke Ambon dalam waktu dekat,” jelas Soplanit kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Jumat (20/9).

Menurutnya, GLS akan menandata­ngani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Poltekes Ambon. Hal ini karena, tenaga kerja yang akan dikirim ke Australia sendiri berasal dari tenaga kesehatan,” katanya.

Ia mengakui, pengiriman tenaga kerja bidang kesehatan itu dilakukan, atas kerja sama Pemkot Ambon dengan Pemerintah Australia. Proses ini seha­rusnya dilakukan sendiri oleh Pemkot, namun karena pengurusannya meng­alami proses yang lama, akhirnya GLS yang akan melakukan secara langsung pengiriman 50 tenaga kerja bidang kesehatan.

Kata dia, GSL yang langsung melaku­kan kerja sama dengan Politeknik Ke­sehatan dalam rangka perekruitmen tenaga kerja tersebut.

“Jika MoU antara pemerintah dengan pemerintah itu ribet, persyaratannya harus ada rekomendasi dari Kemen­terian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri. Jadi itu ribet untuk dia punya fase-fasenya tapi kalau perjanjian an­tara lembaga dengan lembaga itu gampang, pemerintah tinggal verifikasi saja. Sehingga GLS dengan Poltekes supaya gampang, karena itu saya dengan pak wawali urusannya ribet dan makan waktu,” katanya.

Ditambahnya, direncanakan 50 tenaga kerja ini akan diberangkatkan tahun 2020 mendatang.

“Nanti kita usahakan kalau tahun ini kita tidak bisa kasih berangkat, kita seleksi dulu dan kita pelatihan dulu,” ujarnya. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *