AMBON, Siwalimanews – Menjelang pelantikan Audy Salhuteru sebagai Raja Negeri Latuhalat, yang rencananya akan dilaksanakan pada, Jumat, (10/6) terus mendapat perlawanan dari warga Latuhalat.

Pasalnya, pada Kamis (9/6) puluhan warga Negeri Latuhalat, yang tergabung dalam Soa Parentah Latuhihin, kembali mendatangi Pemkot Ambon dan DPRD Kota.

Di Balai Kota, warga diterima langsung oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

Kepada wartawan usai menerima warga Latuhalat, Wattimena menegaskan, Pemkot Ambon tidak akan mencampuri apa yang menjadi internal negeri.

“Kita hanya melihat prosedur dan mekanisme yang sudah dilaksnaakan oleh saniri negeri ke pemkot. Artinya kalau sesuai prosedur, maka kita lantik. Bagi kelompok masyarakat yang tidak terima, silahkan tempuh jalur hukum. Ada mekanisme hukum yang bisa dilalui,” tegas Wattimena.

Baca Juga: Ini Yang disampaikan Warga Latuhalat ke Komisi I

Walaupun demikian, untuk meminimalisir kemungkiman resiko yang terjadi antar kedua pihak, maka hari ini (sore nanti), pihaknya akan mengundang calon yang diusulkan Mata Rumah, Edwin Salhuteru maupun Audy Salhuteru calon yang diusulkan oleh Saniri Negeri.

“Tujuannya adalah, untuk mengurangi resiko dari proses pelantikan yang akan dilaksanakan Jumat besok (hari ini red). Kedua pihak akan diundang. Kalau pak Audy tidak datang, maka saya akan batalkan pelantikan besok,” janji Wattimena. (Mg-1)