AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melalui dinas teknis dinilai gagal dalam melindungi masyarakat, terutama para pengendara kendaraan bermotor dari ancaman pohon tumbang.

Penilaian ini disampaikan anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanela kepada Siwalimanews, Rabu (23/3) merespon kejadian tumbangnya pohon di Jalan Jenderal Sudirman yang mengakibatkan dua warga kota menjadi korban.

Menurutnya, ditengah-tengah kondisi cua ekstrim dengan curah hujan yang tinggi saat ini. semestinya pemkot mengantisipasi kejadiannya khususnya pada areal jalan raya.

“Memang pemkot sejak awal harus mengantisipasi kejadian seperti ini, artinya pohon yang berada di daerah jalan raya harus dipotong jangan sampai masyarakat jadi korban,” tandasnya.

Belajar dari kejadian pohon tumbang ini kata Sarimanella, maka pemkot harus mengkaji kembali kebijakan penanaman pohon disepanjang jalan, jika tidak, maka ketika terjadi musim penghujan, masyarakat akan kembali menjadi korban.

Baca Juga: Disperindag Diminta Antisipasi Kelangkaan Minyak Goreng

Tak hanya itu, pepohonan yang berada ditepi jalan dengan usia yang sudah sangat tua juga sudah harus ditebang dan tidak boleh dibiarkan begitu saja, lagipula anggaran untuk perawatannya ada, bukan sebaliknya membiarkan pohon tetap berdiri dan mengancam.

“Kejadian tadi menjadi contoh bagi pemkot jangan sampai sudah terjadi baru ambil langkah, dan kedepan harus ada kebijakan lain, bukan saja menanam pohon ditepi jalan beigutu saja,” tegasnya. (S-20)