AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Taher minta kepada Pemkot Ambon untuk serius menyikapi persoalan anak jalanan maupun pengemis di kota ini.

“Pemkot jangan hanya sibuk urusi persoalan corona, sementara persoalan lain yang juga urgen ditinggalkan,” tandas Saidna kepada Siwalima di Ambon, Selasa (8/9).

Menurutnya, semakin meningkatnya jumlah anak jalanan maupun para gelandangan dan pengemis (Gepeng), maka ini menjadi tanggung jawab pemkot untuk meminimalisir jumlahnya.

Saidna juga menyesali kondisi yang sampai saat ini terkesan membiarkan gepeng dan anak jalanan berkeliaran. Padahal DPRD sudah mengusulkan ke Dinas Sosial untuk dapat mem­ba­-ngun rumah singgah bagi mereka.

“Namun sangat disayangkan sampai sekarang pemkot tak siapkan rumah singgah untuk tempat pembinaan bagi para gepeng dan anak jalanan,” ucapnya.

Baca Juga: BMKG: Hujan Masih Melanda Pulau Ambon Tiga Hari Kedepan

Untuk itu ia berharap, Dinsos harus menganggarkan pada APBDP 2020 atau nantinya di dorong untuk masuk dalam APBD 2021, sehingga masalah ini dapat diselesaikan.

“Masalah gepeng dan anak jalanan ini harus disikapi secara bijak, jangan sampai berdampak terhadap persoalan lain, katakanlah dapat berpengaruh pada tingkat kriminalitas yang cukup tinggi,” contohnya.

Untuk itu, Saidna berharap, Pemkot Ambon dapat serius melihat persoalan ini untuk nantinya diselesaikan dengan bijaksana. (Mg-5)