Pemkot Cabut Masa Tanggap Darurat

AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon segera menghentikan masa tanggap darurat, pasca gempa 6,8 SR yang mengguncang Kota Ambon, SBB dan Maluku Tengah, Kamis (26/9) lalu.

Demikian dikatakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam coffe morning bersama awak media, Selasa (8/10).

Menurut Walikota, penetapan waktu tanggap darurat terhadap situasi bencana alam merupakan aturan normatif yang harus dilakukan pemerintah saat terjadi bencana. “Maksudnya, itu adalah dasar hukum dari suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah,” ujarnya.

Masa tanggap darurat di Kota Ambon sendiri disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di Maluku pasca bencana. Dimana, seluruh daerah terdampak bencana di Ambon sudah mulai kondusif, sehingga akan disesuaikan untuk berakhir besok (9/10).

“Biar jangan ada lagi yang memanfaatkan kondisi yang ada dengan menyebarkan informasi yang tidak benar atau hoax,” kata Walikota.

Sebelumnya Walikota telah memerintahkan tim hukum Pemkot Ambon untuk segera melaporkan penyebar hoax atau berita bohong terkait akan adanya gempa susulan Senin (7/10), ke penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Maluku. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *