AMBON, Siwalimanews – Satu lagi prestasi diraih Peme­rintah Kota (Pemkot) Ambon di tingkat Nasional dibawah kepe­mimpinan Penjabat  Walikota, Bodewin M. Wattimena dan Sekre­taris Kota (Sekot) Agus Ririmasse.

Kota bertajuk Manise kali ini berhasil meraih penghargaan Gar­nas Buana Utama pada penganu­gerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana Award) Tahun 2022 dengan menduduki posisi tiga terbaik.

Kota Ambon mampu bersaing dengan 187 derah di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diberi­kan oleh Menteri Dalam Negeri (Men­dagri) Toto Karnavian dan di­terima oleh Kepala Badan Pena­nggulangan Bencana Daerah (BP­BD) Kota Ambon, Demianus Paays, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, pada Selasa, (20/12).

Pemghargaan yang diberikan terkait Garna Buana Utama. Peng­hargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap Kota Ambon yang telah menyelenggarakan tiga pelayanan dasar dalam penanggu­langan bencana yakni; Pelayanan Informasi Rawan Bencana (KIE sebagai salag satu sub-layanan), Pelayanan Pencegahan dan Kesiap­sia­gaan (Gladi kesiapsiagaan seba­gai salah satu sub-layanan); serta Pelayanan Penyelamatan dan Eva­kuasi Kprban Bencana (Pencarian, Pertolongan dan evakuasi sebagai salah satu sub-layanan).

Demikian diungkapkan, Kepala BPBD Kota Ambon, Demianus Paays dalam rilisnya kepada Siwa­lima, Rabu (21/12).

Baca Juga: Warga Pelauw Tolak Pemulangan Pengungsi Kariu

Paays menyebutkan, sebanyak 187 daerah diseluruh Indonesia, diikutsertakan dalam proses seleksi tersebut, dengan rincian, 26 pro­vin­si dan 161 kota/kabupaten. Dimana  Kota Ambon menduduki posisi tiga terbaik dalam pelaksanaan tiga pe­layanan dasar tersebut.

Dikatakan, penghargaan itu dibe­rikan setelah Kota Ambon berhasil melewati tahapan seleksi, mulai dari berkas dan wawancara, BPBD Kota Ambon, bersama dengan dua kota/kabupaten lainnya di Indonesia yang masuk kategori untuk men­dapatkan award dimaksud.

“Setelah kita lewati dua tehapan seleksi, Kota Ambon bersama dua kabupaten/kota lainnya diseluruh Indonesia, berhasil meraih peng­hargaan Garnas Buana Utama pada penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana Award) Tahun 2022,”katanya.

Kota Ambon, lanjut Paays, men­du­duki posisi tiga terbaik mema­sukan evidence penilaian penerapan SPM, setelah Kota Medan terbaik pertama dan Kabupaten Lombok Barat menduduki terbaik dua

Dia berharap, apa yang telah dite­rima Kota Ambon ini dapat terus  dipertahankan dan tentunya di tahun yang akan datang, akan lebih baik.

“Dan jika Tuhan berkenan, bah­kan bisa menduduki posisi perta­ma,” harapnya.

Terbaik III

Sebelumnya pada bulan Oktober 2022 Kota Ambon juga mendapatkan penghargaan terbaik III kategori kota anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) tahun 2022.

Kota Ambon mengungguli dua kota besar di Indonesia yakni Kota Sukabumi dan Bandung yang berada di posisi terbaik IV dan V, sedangkan terbaik I dan II ditempat Kota Batam dan Bogor.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasona H. Laoly bahkan menye­rahkan langsung penghargaan ter­sebut yang diterima Sekkot Agus Ririmasse mewakili Penjabat Wali­kota di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (18/10). (S-25)