AMBON, Siwalimanews – Untuk mengantisipasi keadaan fenomena cuaca ekstrim yang saat ini melanda Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi, untuk menghadapi fenomena alam yang disebut La Nina.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi jauh, sebelum Gubernur menginstruksikan.

Diakui Louhenapessy, apel peringatan, guna untuk mewaspadai fenomena tersebut dilaksanakan dua minggu lalu dan berlokasi di Polresta Pulau Ambon & P. P. Lease.

“Kita sudah lebih dulu lakukan apel, siaga untuk antisipasi La Nina yang bertempat di Polres itu, sudah,” ungkap Louhenapessy pada wartawan, di Balai Kota Ambon, (25/11) usai mengikuti rapat paripurna.

Louhenapessy mengatakan, Pemkot sudah lebih awal melaksanakan apel untuk mem­-persiapkan langkah-langkah mitigasi, dalam menghadapi fenomena cuaca tersebut.

Baca Juga: Hari ke-5 Operasi Simpatik, Masih Ditemukan Pelangaran

“Kami sudah lebih awal melaksanakan apel. Jadi langkah-langkah antisipatif sementara kita dipersiapkan,” cetusnya.

Ketika disinggung terkait dengan langkah apa saja yang telah disiapkan, termasuk apakah Pemkot telah menyediakan pos pengungsian untuk mengantisipasi kemungkinan buruk akibat fenomena tersebut, dirinya tak menjelaskan secara rinci. Tapi bersikeras mengungkapkan pihaknya tetap siap apabila terjadi. “Sudah kira-kira dua minggu sebelumnya kita sudah itu, sehingga masyarakat dapat mengungsi,” terang Louhenapessy.

Dirinya menegaskan, Pemkot telah siap dalam menanggulangi permasalahan fenomena cuaca ekstrim yang saat ini melanda Maluku, lebih khususnya untuk Kota Ambon. (Cr-6)