AMBON, Siwalimanews – Untuk mempermudah pengurusan pencatatan sipil, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon segera memasang mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM). Mesin yang berfungsi untuk mempermudah seluruh pengurusan dukcapil, dan mempersingkat waktu pengurusan itu diberikan Kementerian Dukcapil guna untuk mempermudah pencetakan kartu keluarga (KK), KTP, KIA dan akta kematian.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang diampingi Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler, Sekertaris Kota Ambon, A.G Lattuheru dan Kadis Dukcapil, Selly Haurisa Rabu (9/9), melakukan pemantauan pada spot-spot atau lokasi yang nantinya digunakan sepagai tempat pemasangan mesin ADM.

Walikota yang ditemui usai pemantauan dimaksud mengungkapkan, peninjauan tersebut ada kaitannya dengan pemasangan mesin ADM yang nantinya akan berfungsi untuk mempermudah masyarakat.

“Penanganan itu sudah pakai sistem online jadi nggak usah lagi kan sekarang di kantor-kantor, di lurah-lurah sudah pakai sistem Kios-K,” tuturnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon usai melakukan pemantauan.

Walikota menambahkan, nanti proses pelayanan akan dilaskankan secara online baik itu untuk pengerjaan KK dan lain sebagainya.

Baca Juga: Gempa dengan Magnitudo 6,2 Guncang  Laut Banda

“Supaya orang nggak usah lagi antri banyak-banyak di kantor sana,” cetusnya.

Direncankan akan dipasang dalam jangka waktu dua sampai tiga hari. Sementara itu  Plt Kadis Dukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa mengatakan, pemasangan mesin ADN kemungkinan akan dipasang dalam jangka waktu dua sampai tiga hari kedepan. Pemilihan lokasi juga telah ditetapkan sehingga tinggal pemasangan setelah itu pengoperasian. “Sudah, tadi memang mau ditempatkan di Pemkot sini cuma karena pertimbangan orang banyak antri ya kita cari lokasi,” pungkas Haurissa.(Mg-6)