AMBON, Siwalimanews – Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama akan segera dilak­sanakan dalam waktu dekat untuk mengisi kekosongan pada 10 jabatan di lingkup Pemkot Ambon.

Calon pejabat eselon II ternyata sudah disiapkan untuk dilantik pada 16 Februari padahal, selama ini Pemkot Ambon tidak menggelar seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama dan fit and proper test.

Padahal uji kelayakan calon pejabat harus dilaksanakan se­cara terbuka, untuk memilih orang yang tepat, sesuai dengan kebu­tuhan dan perkembangan zaman di era ini.

10 kekosongan tersebut antara lain, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Pemberdayaan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa, Badan Kesatuan Ba­ngsa dan Politik, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Selanjutnya Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Dinas Perindustrian dan Perdaga­ngan, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Sekretaris DPRD Kota Ambon.

Terkait dengan belum digelarnya seleksi dan fit and proper test,  Ke­pala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Ma­nusia (BKSDM), Benny Selanno, diminta keterangan enggan berko­mentar.

“Oh, saya tidak berani komentar ka­rena itu pak wali yang komentar. Mestinya tanya pak wali,” ujar Se­lanno kepada Siwalima, Sabtu (13/2).

Ketika ditanya kapan proses dilakukan fit and proper test dila­kukan, dirinya kembali beralasan sedang buru-buru. “Nanti, nanti saya telepon kembali,” pungkasnya singkat.

Lelang

Seperti yang diberitakan sebelum­nya, tim assesor dalam waktu dekat akan ke Ambon, guna melakukan asse­ment data para ASN di lingkup Pemkot Ambon yang hendak dipro­mosikan ke eselon II.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi de­ngan Kementerian Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KA­SN), terkait dengan lelang jabatan yang segera akan dilaksanakan.

“Kita sudah koordinasi dari  ke­menterian maupun KASN,” tandas Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (8/9).

Diakui Louhenapessy, dalam waktu dekat tim assesor segera mendatangi Pemerintah Kota Ambon. “Lalu dalam waktu dekat itu tim assesor itu akan datang,” katanya.

Dirinya mengungkapkan ada 10 jabatan yang sampai dengan saat ini masih belum terisi, beberapa dianta­ranya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemuda dan Olahraga.

Terhitung tanggal 16 Februari 2021 pihaknya akan melakukan pelantikan terhadap 10 job yang sampai dengan saat ini masih kosong tersebut.

“Laksanakan tanggal 16 Februari ini untuk 10 job,” ungkapnya.

Masih kata Louhenapessy, sampai dengan hari ini pendaftaran telah dilaksanakan, sudah ada enam kandidat yang memenuhi persya­ratan. “Tinggal empat lagi, ini lagi kita dorong untuk itu segera dipe­nuhi ya untuk itu,” pungkasnya. (S-52)