SAUMLAKI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui Dinas Komunikasi dan Infomasi berhasil masuk dalam 4 besar terbaik dalam Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sesuai dengan hasil pemenatauan dan evaluasi SPBE pada instansi pusat dan daerah tahun 2023 yang ilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sil Negara dan Reformasi Birakrasi.

Kepala Dinas Kominfo KKT Fredek Batlajery yang dikonfirmasi Siwalimanew, di ruang kerjannya, Senin (6/2) terkait hasil rilis SPBE dari Kemenpan RB membenarkannya dan bangga atas kerja keras dari semua stafnya.

“Saya bangga atas capain dan kerja keras semua rekan-rekan saya di Diskominfo KKT, sebab ini adalah keberhasilan kita semua,” ucap Batlayer.

Ia menjelaskan, Dinas Kominfo Tanimbar masuk 4 besar hasil SPBE tahun ini, dan ini membuktikan ada terjadi peningkatan SPBE di tahun 2022. Keberhasilan ini juga berkat penyelenggaraan dan penataan administrasi bidang APTIKA yang menjawab salah satu regulasi kebijakan daerah, rencana induk SPBE (Dokumen General Planning) dan terbitnya Perda Nomor: 12 tahun 2021 tentang Pengelolaan SPBE.

Ini juga merupakan fondasi kuat untuk penyelenggaraan SPBE, termasuk di dalamnya penggunaan dan pemanfaatan data center di Kominfo Server berbasis Layanan  e-Government System Cloud Computing (5Gb) dan beberapa aplikasi telah terintegrasi dengan pusat data nasional dan beberapa aplikasi Kementerian telah digunakan secara terpadu (SIPD, SIAK, SRIKANDI, Si-CANTIK, PASTI-BAKTI, SIMDA (belum terintegrasi) dan beberapa aplikasi berbasis layanan informasi (SiPODA) serta berbagai sistim layanan inovasi daerah yang dalam perencanaan mendukung meningkatnya nilai SPBE di tahun 2022.

Baca Juga: Sekda: Penetapan APBD 2023 Tunggu Hasil Evaluasi Kemendagri

“Untuk proses di tahun ini  yang akan kita jalankan adalah monitoring dan evauasi (Monev) sambil menunggu laporan hasil dan rekomendasi dari tim SPBE.(S-26)