AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru bakal mengalokasikan anggaran ratusan juta rupiah bagi tahapan pemilihan Kepala Daerah dalam pilkada serentak 2024.

Kesiapan Pemerintah Kabupaten Buru diungkapkan langsung Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (12/4) usai melakukan pengawasan di Kabupaten Buru.

Dikatakan, Komisi I DPRD Maluku telah menggelar pengawasan guna menindaklanjuti kesiapan Peme­rintah Kabupaten Buru dalam menghadapi pemilu 2024 dengan melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah yang berkaitan berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada.

“Kita kemarin dengan Dinas Kependuduan dan Pencatatan Sipil Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kesbangpol, Bapeda,  KPUD Kabupaten Buru, serta Bawaslu Kabupaten Buru guna memastikan ketersediaan anggaran bagi pilkada dan kita telah menda­­patkan penjelasan,” ucap Rumra.

Menurutnya, berdasarkan pen­jelasan Penjabat Kabupaten Buru, Jalaludin Salampessy ternyata Pemkab telah mengalokasikan anggaran yang sudah disiapkan untuk pilkada sebesar Rp 500 juta di tahun 2023.

Baca Juga: Nurmiati Resmi Duduk di Kursi Parlemen Malteng

Rumra menegaskan kesiapan daerah sangat penting mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk pilkada serentak tahun 2024 cukup besar mencapai 471 miliar sehingga akan membebankan APBD masing-masing daerah.

Komisi I kata Rumra terus mela­kukan komunikasi dengan semua pihak termasuk Pemerintah Provinsi Maluku terkait dengan kesanggup­an pembiayaan pilkada dengan berbagai opsi termasuk co sharing anggaran.

“Koordinasi intensif akan kita la­kukan guna mendapatkan opsi ter­baik dalam melakukan penganggaran sebab kalau dipaksakan untuk ditanggung sepenuhnya juga cukup berat maka mestinya kita cari formula yang paling baik,” cetusnya.(S-20)