NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mulai menerapkan fase kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

New normal ini sangat erat hubungannya dengan pemulihan aktivitas masyarakat yang berubah di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Masyarakat harus beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai gaya hidup. Dimana, new normal diberlakukan untuk kembali menggerakkan roda perekonomian yang selama ini tertahan karena wabah Corona.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa saat penerapan New Normal di Pasar Kai Wait Namrole dan di Destinasi Wisata Wamsoba Eco resort sebagai titik percontohan, Jumat (5/6).

Bupati menyampaikan, pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku dan Nasional kemarin telah mengumumkan sebanyak 102 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk dalam kategori zona hijau. Lima diantaranya berada di wilayah Provinsi Maluku.

Baca Juga: Alkatiri Prihatin dengan Kondisi SBT

“Kelima kabupaten/kota tersebut masing-masing, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru Selatan,” tutur Tagop.

Dia menjelaskan, new normal sendiri secara umum merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pandemi Covid-19 membuat warga tidak bisa melakukan kegiatan secara bebas di tempat kerja, sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat pertemuan, dan fasilitas umum sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Dalam situasi new normal orang bisa kembali bekerja ke kantor, melaksanakan aktivitas belajar mengajar di sekolah, serta melakukan kegiatan sehari-hari lainnya dengan menjalankan protokol kesehatan dan tetap mewaspadai risiko penularan virus.

Bupati dua periode ini memastikan jajarannya, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga di tingkat Kabupaten siap memberlakukan kondisi new normal, atau tatanan normal baru.

Ia yakin masyarakat di Bursel dapat menerapkan new normal dengan baik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam penerapkan fase kenormalan baru atau New Normal tersebut Tagop turut di dampingi Ketua PKK Bursel, Safitri Malik Soulisa, sejumlah pimpinan OPD dan pegawai setempat, memantau langsung kondisi masyarakat yang beraktifitas di Pasar Kai Wait Namrole, dan destinasi wisata Wamsoba Eco Resort. (S-35)