NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan melalui BPBD menyalurkan sejumlah bantuan bagi masyarakat di beberapa desa di kabupaten itu yang terkena dampak bencana banjir.

Kepala BPBD Bursel Awat Mahulauw kepada wartawan di ruang kerjannya, Kamis (22/9), menjelaskan, penyaluran bantuan ini diproses sesuai surat laporan yang masuk dari setiap desa yang terdampak bencana ke BPBD.

“Bantuan yang disalurkan ini untuk 257 KK. Yang sudah kami proses dan beri bantuan sebanyak 158 KK dan kini tersisa 99,” ungkapnya.

Ratusan KK yang memperoleh bantuan ini kata Mahulauw berasal dari, Dusun Fatiban, Desa Masowoy, Desa Emguhen dan Desa Walbele. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang sudah disiapkan BPBD sesuai yang dialokasikan pemkab.

“Dari 158 KK yang sudah dapat bantuan ini rinciannya, di Dusun Fatiban 15 KK, Desa asawoy 18 KK, Desa Emguhen 25 KK dan Desa Walbele 100 KK. Paket yang disalurkan berupa beras, gula, terigu, kopi, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng, susu, daun teh, dan lain-lain,” rincinya.

Baca Juga: Salampessy: Mutasi akan Dilakukan Sesuai Kebutuhan

Menurutnya, bantuan yang diberikan ini sesuai dengan permintaan dari setiap desa yang terdampak bencana melalui surat yang masuk ke BPBD. Pemberian bantuan ini juga dilakukan sesuai dengan antrian laporan yang masuk.

“Jadi yang kita berikan ini sesuai antrian permintaan. Kita akan berikan secara bertahap karena harus disesuaikan dengan stok yang ada pada kita,” tuturnya.

Saat ini kata dia, stok bantuan yang tersisa bagi 99 KK ini akan diproses untuk desa-desa yang sudah melaporkan jumlah warganya yang terkena dampak dari bencana banjir.

“Untuk surat yang baru masuk dari beberapa desa terkait bencana beberapa pekan lalu, yakni Desa Waenamaolon, Desa Labuang, Desa Air Tarnate, Desa Waeoandan, Desa Elara, Desa Oki Baru, dan Desa Elfule, kita lagi proses dan sementara siapkan untuk penyaluran ke desa-desa tersebut,” jelasnya. (S-16)