DOBO, Siwalimanews – Pemkab Kepulauan Aru meyerahkan hewan kurban kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Aru.

Penyerahan hewan kurban berupa 3 ekor sapi itu diserahkan oleh Wakil Bupati Muin Sogalrey di halaman Masjid Al-Jannah Sipur Pantai Kota Dobo, kemarin

Wabup dalam sambutannya saat penyerahan hewan kurban itu mengatakan, perayaan Idul Adha 1441 Hijryah di Tahun 2020 dirasakan sedikit berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya wabah Covid-19 sehingga dirayakan dengan mematuhi seluruh petunjuk protokoler kesehatan baik dalam menjalankan ibadah Sholat Id maupun prosesi penyembelihan hewan kurban.

“Hal ini sangat perlu dilakukan guna menjaga diri kita dan orang lain dari penyebaran Covid-19,” ucap Wabup.

Menurutnya, dengan menyadari dan selalu berikhtiar dalam pencegahan penularan Covid-19 ini, Kabupaten Kepulauan Aru tetap berada pada zona hijau atau bebas dari Covid-19 dan ini harus terus dipertahankan.

Baca Juga: Ketua Klasis Pulau Aru: GPM Bersikap Netral di Pilkada

“Pemberian hewan kurban ini jangan dilihat jumlahnya, namun ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemda kepada masyarakat Muslim di Kota Dobo dan sekitarnya,” ucapnya.

Dijelaskan, perayaan Idul Adha tak lagi dimaknai sebagai proses ritual belaka, namun bermakna keteladanan Nabi Ibrahim yang mampu secara lahiriah mentransformasi pesan keagamaan dalam aksi nyata perjuangan penuh pengorbanan yang diakhiri dengan mendapatkan Ridho Allah, SWT karena berhasil menunjukan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang Nabi terhadap perintah sang pencipta Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail.

Untuk itu maka, spirit ldul Adha dan ibadah Qurban memiliki makna penting, ketaqwaan manusia atas perintah sang khalik, mendidik umat Muslim agar memiliki kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama, layaknya zakat infak dan sedekah.

“Makna Bathiniah yaitu bagi kita yang meneruskan risalah keislaman agar dapat mengendalikan bahkan membunuh nafsu kebinatangan dalam diri yang membuat manusia melakukan perbuatan dosa. Makna tersebut hendaklah diaplikasikan secara kaffah di dalam kehidupan keseharian kita,” tandasnya.

Wabup berharap, PHBI Aru dapat menyalurkan sumbangsi hewan kurban dari pemda ini secara adil kepada para muztahiq yang benar-benar membutuhkan di tiap-tiap Masjid yang ada di Kota Dobo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Aru Moh Jumpa, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Rama Rimeiar Putra, Wakapolres Aru Kompol Petrus Pasuw, Perwira Penghubung Kodim 1503/03 Dobo, Mayor Arm. Lamusa, Ketua MUI Aru A Haris Elwahan dan para tamu serta undangan lainnya.(S-25)