PIRU, Siwalimanews – Pemerintah Negeri Iha dan Kulur Kecematan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat, menerapkan mandi air laut bagi masyarakatnya terutama mereka yang baru datang dari daerah lain.

Kewaerjiban ini dilakukan pemerintah negeri demi mencegah dan mengantisipasi wabah virus corona. Selain itu pemerintah negeri juga melakukan sosialisasi ke masyarakat serta tindakan-tindakan fisik lainnya.

“Cara pencegahan dengan mandi air laut itu bukan saja para pendatang yang baru tiba di kampung, tetapi diberlakukan juga kepada masyarakat Iha-Kulur dan sekitarnya. Mandi air laut wajib dilakukan sebelum masuk negeri untuk beraktivitas,” ungkap Sekretaris Negeri Iha Hasan Kaisupy kepada wartawan di Iha.

Dijelaskan, antisiapasi virus corona yang dilakukan kedua negeri tersebut dengan cara mandi air laut disaksikan langsung staf negeri Iha-Kulur didampingi Babinsa Serma D Putuhena, Bhabinkamtibmas Brikpol  M. Latupono, serta personil Satgas BKO Yonif 732/Banau, Pos Iha-Luhu.

Dengan keterlibatan TNI/Polri dalam pengantisipasi wabah virus covid 19 ini, pencegahan pertama kali dilakukan pada saat pendatang maupun warga setempat dari Kota Ambon tiba di Iha-Kulur dengan menggunakan speed boat dari Desa Hitu langsung diarahakan oleh petugas untuk mandi air laut sebelum melakukan aktivitas di negeri.

“Selaku Pemerintah Ngeri Iha-Kulur kami akan terus berupaya melakukan antisipasi pencegahan. Bahkan kami juga telah banyak melakukan langkah-langkah  dalam pencegahan, salah satunya jaga kebersiahan, kesehatan, cuci tangan dengan sabun, bahkan  kami wajibkan setiap pendatang dan masyarakat kedua negeri serta petuanan untuk mandi air laut sebelum beraktivitas,” ucapnya.

Ia mengaku, kegiatan antisipasi penyebaran virus ini mendapat dukungan positif dari jajaran Puskesmas Iha dan Personil Kodim 1502/07 Piru, Personil Polsek Huamual serta Personil Pos Satgas BKO Pos Iha-Luhu. (S-48)