AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono meminta, Pemerintah Kota Ambon harus memastikan keamanan warganya.

Hal ini penting, karena penye­baran virus corona berlangsung sangat cepat, sehingga perlu menjaga keamanan warga kota dalam menghadapi laju penye­baran virus mematikan ini.

Kepada wartawan dalam konfrensi pers di Kantor DPRD Kota Ambon, Senin (23/3) Rustam didampingi Wakil Ketua Gerald Mailoa, ketua-ketua fraksi serta Ketua Komisi I, II III serta Sekwan bersama staf dan juga Wakil Ketua I DPRD Kota Ambon  Gerald Mailoa dan Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon mengungkapkan, berbagai upaya menghadapi virus corona yakni DPRD yakni mendorong Pemkot untuk melakukan pergeseran anggaran APBD Kota Ambon tahun 2020, dari pos program kegiatan yang tidak terlalu penting dan bermanfaat, sehingga dapat berguna bagi kepentingan rakyat.

Selain itu, Pemkot Ambon juga harus bisa menjamin ketersediaan sembilan harga pokok atau sembako dalam kurun waktu dua bulan kedepan.

“Harus ada baferstock  untuk 9 bahan pokok yang ada di Kota Ambon, karena menyangkut kebutuhan masyarakat kota selama masa tanggap bencana dikarenakan, Kota Ambon sudah masuk dalam masa tanggap bencana non alam.

“ketersediaan pangan harus benar-benar terjaga, dan kami tetap akan mendorong untuk melakukan operasi pasar terhadap supleyer yang berada di Kota Ambon,”jelasnya.

Ia menegaskan, untuk mendo­rong ketersedianya baju alat pelin­dung diri(APD) bagi tenaga – tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit dalam mencegah virus ini .

Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon menyatakan akan dise­diakan Rapid Test sehingga dapat dilakukan pengecekan secara masal.

Ditambahkan, akan disediakan alat pengukur suhu badan termogen pada tempat- tempat yang melibatkan banyak orang  seperti Supermarket,Plaza ,Pasar dan juga perkantoran. “Ini merupakan langkah-langkah praktis untuk meminimalisir masyarakat kota dari covid -19,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dari semua pimpinan fraksi telah menyetujui pergeseran anggaran di tahun 2020 dan pemerintah Kota Ambon sementara menyusun berapa kebutuhan anggaran yang seharusnya disiapkan  pemerintah dalam menangani virus ini.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama dari DPRD dan dukungan kepada Pemkot Ambon. Langkah-langkah strategis harus  secepatnya dilakukan oleh gugus tugas maupunPemkot, yang terintegral dan terintegrasi hingga penanganan Covid-19 di Kota Ambon ini dapat terselesaikan dengan baik oleh gugus tugas Kota Ambon. (Mg5)