Ambon, Siwalima – Pemerintah Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Selasa (16/6) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 201 Kepala Keluarga  di desa tersebut.

Penyerahan DD diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa, Kepala Dinas PMD Umar Mahulette, Camat Namrole Abas Lesnussa, Kepala Desa Labuang Muhammad Rentua di kantor desa tersebut, Selasa (16/6).

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa pada kesempatan tersebut mengatakan, BLT merupakan program pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Maluku dan Kabupaten Bursel.

“Perlu saya luruskan Tidak semua masyarakat bisa menerima BLT. Mereka yang menerima BLT ini karena tidak masuk dalam program PKH, BPNT maupun BST,” ujar bupati.

Bupati menjelaskan, untuk dampak Covid-19 ini bukan hanya dialami masyarakat, tetapi dirasakan juga oleh semua pihak, baik itu pemerintah, konglomerat dan semua elemen.

Baca Juga: Tambah 21, Total Positif Covid di Maluku 421 Orang

“Untuk ketahui semua masyarakat, dampak Covid ini bukan hanya dialami oleh masyarakat saja, tetapi konglomerat-konglomerat yang aktivitasnya memproduksi dalam jumlah besar pun merasakan. Kita harus bersyukur karena berkat kerja kita semua saat ini Bursel mendapatkan status hijau dan kita dapat menerapakan tatanan hidup baru atau new Normal,” ujarnya.

Bupati berharap, status hijau yang saat ini melekat di Kabupaten Bursel dapat dijaga oleh semua elemen, sehingga semua aktivitas dapat berjalan dengan baik. Kendati begitu, ia juga mengingatkan agar dalam aktivitas sehari-hari penerapan standar protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

“Saya berharap semua komponen mampu menjaga kondisi new normal ini dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Jangan sampai ada yang melakukan pertemuan-pertemuan besar tanpa mempedulikan standar kesehatan Covid-19, semua harus terapkan standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah,” pintanya.

Dikatakan, hingga saat ini Covid-19 belum ada obatnya, dan virus ini hanya bisa di lawan dengan ketahanan imun manusia yang kuat. Untuk itu masyarakat Bursel diharapkan bisa menerapkan hidup sehat di tengah-tengah fase new normal, sehingga kabupaten yang sudah berstatus hijau ini dapat bertahan sehingga tidak ada kasus Covid-19 yang muncul.

“Kita saat ini sudah berada disituasi new normal, sehingga saya juga berharap masyarakat bisa taati seluruh kriteria dalam penerapan new normal, semua harus taat baik di pasar mupun di tempat-tempat ramai. Semoga BLT ini bisa memenuhi kebutuhan kehidupan masyarakat,” tutupnya.

Sementara Kepala Desa Labuang, Muhammad Rentua menyampaikan untuk pengambilan BLT ini tidak dapat diwakili, tetapi mereka yang memiliki nama dan tertera dalam daftar yang harus mengambil langsung. (S-35)