Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar perayaan Natal bersama TNI dan Polri sekaligus pelaksanaan Natal Nasional dengan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Perayaan Natal tersebut sederhana itu dilangsungkan di Lapangan Kalwedo, Tiakur (20/12) yang dihadiri oleh ribuan masyarakat MBD.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo yang hadir mengikuti perayaan Natal ini secara daring, dalam sambutannya mengatakan sesuai tema yang diangkat oleh GMKI dalam perayaan Natal ini, adalah memperbaharui persaudaraan, meningkatkan kepedulian dan merengkuh mereka yang rapuh dalam upaya menciptakan Indonesia yang baru, sangat tepat sebagai bahan renungan dalam konteks perkembangan kondisi Indonesia saat ini.

“Sebagai bangsa yang besar dan majemuk, Bangsa Indonesia kaya akan nilai-nilai dan norma keagamaan ditengah-tengah kehidupan masyarakat, nilai-nilai inilah yang harus dijaga, dirawat dan dilindungi bersama dengan semangat persaudaraan,” kata Bambang. Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, S.T dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan Natal Nasional GMKI di Kabupaten MBD yang secara langsung mengenalkan kabupaten ini bagi daerah lain yang ada di Indonesia.

Bupati juga mengajak semua insan baik ASN, TNI dan Polri maupun masyarakat untuk memaknai Natal sebagai kasih Tuhan yang tercermin dalam sikap hidup melayani masyarakat untuk terlepas dari ketertinggalan dan keterbelakangan, bekerja keras, bekerja sama demi kemajuan MBD.

Baca Juga: Bupati dan Ketua Sinode Hadiri Acara Gerakan Menanam Serentak

“Berita Natal selain ada kegembiraan tapi juga ada kesedihan ketika Sang Jurus Selamat Lahir dalam kesederhanaan. Ini pun terjadi saat ini disaat kita merayakan sukacita Natal, saudara-saudara kita yang berada di Pulau Damer merasakan kesedihan akibat bencana gempa bumi yang terjadi disana,” kata bupati.

Oleh sebab itu sebagai bagian dari solidaritas dirinya mengajak semua masyarakat MBD bahu-membahu membantu saudara-saudara yang ada di Pulau Damer.

“Terima kasih saya ucapakan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan bagi saudara-saudara kita di Pulau Damer agar demikian mereka juga dapat merasakan sukacita Natal sama seperti yang kita rasakan dimalam ini,” ujar bupati.

Diakhir sambutannya dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ketua umum dan sekretaris umum serta  seluruh pengurus pusat GMKI sehingga perayaan Natal di MBD dapat berjalan dengan baik.

Dengan harapan sinergitas yang telah dibangun ini akan diperkuat bagi pengembangan Kabupaten MBD juga kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya perayaan Natal dimalam ini.

“Selamat Merayakan Natal Kristus 25 Desember 2021 dan Selamat Memasuki Tahun Baru 2022,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum GMKI Jefry Edi Irawan Gultom menyampaikan momentum Natal ini semua kita diajak untuk mensyukuri yang telah dilewati sukses atau gagal, apresiasilah setiap usaha rekan kerjamu.

“Ajaklah semua bersatu untuk terlibat untuk meraih masa depan bersama. Salah satu yang diharapkan pada masa pandemi Covid-19 adalah peran generasi muda dimana generasi muda sangat diperlukan untuk membantu mengatasi pencegahan penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

Dalam konteks ini makna Natal menurutnya menjadi sangat penting yakni komitmen dipertegas, partisipasi digalakan kembali, kolaborasi diikat lagi, seperti filosofi hidup orang Maluku.  “Ale Rasa Beta Rasa, kita tidak sedarah tetapi kita bersaudara” Um Omnes Unum Sint,” ucapnya. (S-39)